Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Inventory Toko Ritel

image

Salah satu masalah terbesar yang dihadapi bisnis ritel adalah mengelola persediaan. Persediaan memiliki peran penting dalam keberhasilan bisnis. Sekalipun itu adalah bisnis ritel kecil, kesuksesan tidak dapat dicapai jika persediaan tidak ditangani dengan benar. Saat stok kosong, bisnis bisa rugi dan kerugian juga datang jika kelebihan stok. Untuk bisnis ritel kecil, sedikit kerugian pun dapat menimbulkan masalah. Jadi kebutuhan software inventory untuk bisnis ritel kecil sangat besar.

Apa itu Manajemen persediaan?

Singkatnya, manajemen persediaan adalah bagian dari supply chain management. Selain melacak pergerakan setiap produk, Manajemen persediaan juga terkait dengan beberapa aktivitas, termasuk melaporkan low stock dan transfer perpindahan produk ke beberapa lokasi dengan efisiensi 100%.

Manajemen persediaan Memiliki Tujuan:

  • Melacak pergerakan persediaan saat transfer antar lokasi.
  • Menjaga stabilitas di antara persediaan agar tidak kurang atau lebih.
  • Proses picking dan packing dan pengiriman barang menjadi efisien dari gudang.
  • Penempatan stok dalam 1 lokasi gudang atau di lokasi yang berbeda.
  • Menghindari loss sales penjualan karena kekurangan stok.
  • Mengurangi kerusakan produk.
  • Untuk mencatat retur pembelian

Bisnis ritel telah bertransformasi melalui teknologi. Teknologi telah membawa banyak perubahan dalam industri software. Proses kerja manual lambat laun sudah bergeser menjadi sistematisasi, software inventory mencakup pelacakan, pengendalian, dan penyesuaian penjualan produk, pembelian, dan proses produksi lainnya.

Apa itu Sistem Inventory Berbasis Cloud?

Software inventory yang disimpan di pusat data di cloud server / virtual server dimana sistem data dapat diakses dan dikelola menggunakan web browser dengan perantara internet.

Keuntungan utama dari software inventory berbasis cloud adalah banyak pengguna dapat mengakses data dari lokasi dimana mereka berada.

Manfaat software inventory cloud

Di bawah ini adalah manfaat dari software inventory cloud.

Biaya Investasi Hardware Rendah

Software berbasis cloud, dapat menghemat biaya hardware karena diakses melalui web browser maka tidak ada spesifikasi khusus untuk hardware ataupun server konvensional. Hal ini sangat membantu untuk bisnis ritel kecil.

Pelacakan persediaan secara real-time

Laporan sangat penting dalam bisnis. Fitur software inventory berbasis cloud adalah dapat mengakses laporan persediaan saat tidak berada di toko. Usaha ritel kecil membutuhkan pelacakan real-time. Selain itu, laporan yang dihasilan dapat membantu perusahaan kinerja bisnis mereka.

Mendorong Pertumbuhan

Seiring pertumbuhan bisnis, begitu juga persediaan. Terkadang bisnis berkembang ke beberapa toko cabang sehingga Anda menggunakan software inventory berbasis cloud yang dapat berkembang sesuai pertumbuhan bisnis.

Baca Juga : Mengelola persediaan di Toko Ritel dengan Benar

turboly.com