Strategi Menghadapi Penjualan yang Sepi

image

Toko Ritel tidak selalu memiliki bisnis semulus yang diharapkan. Ada banyak tantangan dan kendala yang bisa menjadi hambatan, namun untuk bisa berkembang hal ini harus bisa diselesaikan dengan baik.

Saat toko ritel sedang sepi pelanggan, umumnya ini terjadi karena beberapa faktor. Misalnya harga jual terlalu mahal harganya, kualitas produk yang kurang hingga layanan staff penjualan yang kurang maksimal. Beberapa faktor seperti harga, kualitas dan pelayanan akan menjadi faktor penentu untuk pelanggan memutuskan pembelian.

Jika memang saat ini toko ritel sedang mengalami sepi pelanggan, jangan khawatir, berikut tips menghadapi usaha yang sedang sepi pelanggan:

1. Lakukan Inovasi

Inovasi ini sangat penting untuk menghilangkan kejenuhan pasar terhadap suatu produk. Sebaiknya berpikir untuk melakukan Inovasi. Jika menjual usaha kosmetik, pikirkan inovasi pada kualitas produk dan display produk di toko.

2. Omnichannel

Jika memulai usaha dengan usaha offline, dengan memiliki toko offline, saat toko sedang sepi pengunjung, sebaiknya gunakan strategi pemasaran online, untuk tetap mendapatkan pelanggan. Buatlah akun sosial media untuk mempromosikan toko dan produk.

3. Perhatikan Harga dan Kualitas

Dalam bisnis ritel harus selalu memperhatikan harga dan kualitas produk. Coba lakukan survei ke kompetitor, lalu bandingkan dengan kualitas dan harga produk kita. Selain itu, bisa berinisiatif untuk membuat tampilan toko menjadi lebih maksimal, dan menarik.

4. Pertahankan Kualitas Produk dan Pelayanan Anda

Pelanggan umumnya mencari produk yang berkualitas dan pelayanan yang terbaik. Maka dari itu, harus bisa mempertahankan kualitas produk yang dijual, serta selalu siap untuk memberikan pelayanan yang ramah dan baik pada pelanggannya.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Walk In Customer di Toko Ritel

turboly.com