image

3 Skill Penting Pekerja Industri Ritel

Sama seperti dalam bidang lain, pekerja sektor ritel juga membutuhkan skill dan kemampuan untuk dapat mencapai kinerja yang baik. Peran sebagai misalnya kasir, spg/ spb, store manager hingga security juga membutuhkan keahlian mulai dari penanganan produk hingga pelayanan terhadap pelanggan.

Berikut adalah 3 keahlian penting yang wajib dimiliki oleh pekerja di industri ritel :

1. Berkomunikasi

Kunci pelayanan pelanggan dalam industri ritel adalah komunikasi. Tidak melihat apapun peran dan tugas di dalam toko ritel, yang pasti kemampuan dalam berkomunikasi merupakan kemampuan yang paling dibutuhkan. Berkomunikasi bukan hanya tentang mampu berbicara dengan lancar, tapi juga perlu memberikan pesan dan informasi yang jelas kepada pelanggan sebagai lawan bicara. Selain itu, penting untuk dapat berkomunikasi lancar dalam segala kondisi, termasuk saat menghadapi customer complaint.

2. Berorientasi pada Pelanggan

Memiliki semangat untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan adalah keahlian lain yang perlu dikuasai selain berkomunikasi. Dalam industri ritel, selain menjual produk, retail juga menjual pengalaman berbelanja yang menyenangkan terhadap pelanggan.Maka untuk itu, pekerja di industri ritel diharuskan memberikan pelayanan yang baik agar memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan.

3. Menjual Produk

Khusus untuk industri retail dengan toko offline / fisik, kemampuan untuk menjual menggunakan pendekatan persuasif dan edukasi produk merupakan hal dasar yang harus dikuasai. Lagi-lagi hal ini akan berkaitan dengan kemampuan berkomunikasi, jadi kemampuan menjual produk akan meningkat seiring dengan meningkatnya skill berkomunikasi.

Ringkasan dari 3 keahlian utama diatas mengerucut pada 1 keahlian utama, yaitu komunikasi. Iya, komunikasi adalah hal yang utama dan paling utama bagi pekerja industri ritel, khususnya retail speciality yang lebih mengedepankan layanan pelanggan. Maka, latihlah terus keahlian komunikasi, pemahaman produk, dan jiwa melayani maka Anda akan menjadi seorang pekerja ritel yang tangguh.

Baca Juga : 5 Skill yang Harus Dimiliki Store Manager

www.turboly.com