Service Writer Vs Service Advisor

image

Untuk memulainya, kebanyakan bengkel mobil cenderung berorientasi pada front end karena biasanya dari sanalah mereka berasal, berlawanan dengan orientasi “back end”, yang merupakan tempat yang tidak mereka kenal dan mungkin tidak mereka pahami. Karena itu, mari kita ambil pendekatan ujung tombak dalam pelayanan konsumen di bengkel mobil untuk memaksimalkan keuntungan disisi back office.

Sekarang lihatlah yang terjadi di bengkel mobil Anda: “Apakah staff terdepan adalah seorang Service Writer atau Service Advisor? Apa bedanya, Jika seorang service writer hanya menulis masalah pelanggan pada Service Order dan mengirimkannya ke mekanik. Sedangkan seorang service advisor menulis masalah pelanggan pada service order, dan mampu melakukan analisa dan memberitahu/ memberikan rekomendasi layanan yang jelas, membuat rekomendasi untuk program pemeliharaan dan memberitahu pelanggan bahwa teknisi terlatih akan melakukan inspeksi menyeluruh dari mereka kendaraan tanpa biaya. Sederhananya, seorang penulis pada dasarnya adalah service writer seorang juru tulis dan service advisor adalah seorang penasihat adalah seorang penjual.

Di bengkel umumnya akan mengukur kinerja tenaga penjualan setiap hari, mingguan, dan bulanan? Maka hal yang sama harus dilakukan kepada service advisor dan mekanik. Sebagian besar bengkel mobil memiliki tujuan penjualan untuk spareparts dan jasa serta jasa tambahan lainnya seperti cuci mobil, fogging anti bakteri, dsb.

Jika bisnis bengkel mobil Anda memberikan insentif karyawan berbasis kinerja untuk tenaga penjualan dan mekanik maka harus memiliki standar kinerja minimum untuk mereka. Maka lakukanlah 2 hal penting pelatihan dan praktek. Berikan target minimum dan tinjau ulang secara berkala sebagai evaluasi kinerja dari produktivitas penjualan service advisor. Tetapkan tujuan yang realistis untuk mereka, latih mereka setiap hari dan buat mereka dilatih secara profesional tentang cara menjadi Service Advisor yang tidak hanya jago memberikan rekomendasi perbaikan dan analisa melainkan juga pandai menjual produk jasa tambahan.

Baca Juga : Mengapa Bengkel Mobil Membutuhkan Situs Web Modern dan Profesional

turboly.com