3 Alasan Anda Membutuhkan Software Bengkel Otomotif

image

Teknologi telah mengubah industri bengkel mobil dan membuatnya lebih ramping dan lebih efisien. Sudah lewat masanya bengkel mobil mencatat dengan kertas manual. Perlunya mengadopsi Sistem Bengkel dalam industri bengkel mobil karena tuntutan pelanggan akan modernisasi akan terus meningkat.

Mengapa Software Bengkel menjadi penting?

Selain untuk kebutuhan internal bengkel mobil, Software Bengkel juga secara tidak langsung akan menciptakan hubungan yang lebih erat antara pemilik bengkel mobil dan pelanggan mereka.

Khususnya untuk bengkel spesialis, Software Bengkel mobil memungkinkan bengkel untuk memberikan pengalaman pelanggan yang mirip dengan bengkel resmi.

1. Meningkatkan profitabilitas

Menggunakan Software Bengkel dapat membuat dampak besar pada profitabilitas. Berikut adalah beberapa fitur yang dapat membantu meningkatkan profitabilitas bengkel mobil :

  • Informasi Akurat: Software bengkel memberi informasi rinci atas apa yang terjadi dalam bengkel dengan memberikan informasi realtime tentang kondisi bengkel, di mana pun berada. Ini memungkinkan pemilik bengkel membuat keputusan yang lebih baik dan meningkatkan proses di bisnis. Semua informasi dapat diakses dalam satu platform software bengkel mobil.
  • Informasi Rekomendasi Perbaikan: Mengotomatisasi proses kerja rutin di bengkel sangat penting untuk meraih kesuksesan. Bagaimana software bengkel membantu pelanggan tetap datang kembali? Hal ini dapat dicapai dengan fungsi informasi next service yang dapat digunakan sebagai pengingat pemeliharaan berkala kepada pelanggan. Hal ini memungkinkan bengkel untuk mempertahankan aliran pendapatan yang dapat diprediksi dan memastikan bahwa pelanggan memiliki kendaraan selalu dalam kondisi terbaik.

2. Menawarkan pengalaman pelanggan yang berbeda

Software Bengkel seperti Turboly menawarkan pengalaman intuitif yang mengesankan pelanggan dan membangun loyalitas. Bagaimana Software Bengkel dapat membuat perbedaan? Berikut adalah beberapa cara:

  • Komunikasi dengan pelanggan: Dengan bantuan software bengkel, Service Advisor dapat berbicara dengan pelanggan dan membangun kepercayaan pelanggan sekaligus mencatat secara digital keluhan dan rekomendasi kepada pelanggan. Data informasi ini dapat digunakan sebagai rujukan untuk pembaruan tepat waktu kepada pelanggan tentang perbaikan dan memberitahu mereka tentang alasan penundaan sebelumnya, sehingga dapat mencapai harapan pelanggan.
  • Pelayanan berbasis pelanggan: Memiliki akses ke riwayat perbaikan kendaraan pelanggan, catatan pelanggan yang detail, dan informasi penting lainnya dalam software bengkel memungkinkan Service Advisor untuk menawarkan pengalaman yang dipersonalisasi. Hal ini memungkinkan bengkel secara organisasi untuk membangun ikatan yang kuat dengan pelanggan, membuat mereka nyaman dan menghasilkan bisnis yang berulang.

3. Hemat waktu

Software Bengkel dapat merampingkan proses kerja di bengkel mobil dan menghemat waktu :

  • Membuat Estimasi Pengerjaan: Software Bengkel terintegrasi dengan inventory suku cadang bawaan dan layanan perintah tenaga kerja mekanik, memungkinkan service advisor membuat estimasi pekerjaan dengan cepat. Software Bengkel secara otomatis akan menghitung total item suku cadang dan layanan jasa sehingga akan menghasilkan estimasi biaya dan waktu yang akurat.
  • Menjaga Stok Suku Cadang: Dengan software bengkel, Service Advisor dan mekanik dapat memeriksa stok suku cadang yang diperlukan untuk setiap pekerjaan. Kemudian, mudah untuk memesan suku cadang yang tidak ada dalam stok dengan cepat sehingga mengurangi waktu tunggu pelanggan. Ini memaksimalkan produktivitas di bengkel dan membuat pelanggan tetap puas karena jadwal pengerjaan sesuai dengan estimasi.
  • Layanan Booking Service : Menjadwalkan janji secara manual tidak efisien dan rentan akan human error. Software Bengkel dengan fungsi booking service dapat digunakan untuk mem-blok jadwal dan reschedule dengan mudah. Sehingga dapat menghindari over booking.
  • Work Order Service: Software Bengkel memungkinkan bagian admin/ service advisor untuk merencanakan dan mengalokasikan tugas setiap mekanik untuk setiap kendaraan yang masuk, sehingga jadwal mekanik akan selalu terjaga dan pada akhirnya kinerja mereka juga dapat dinilai dengan mudah.
  • Finance & Accounting : Software Bengkel terintegrasi seperti Turboly sudah memiliki Sistem FInance & Accounting sehingga dapat sangat membantu bagian finance dan accounting menghasilkan laporan hutang-piutang hingga menghasilkan laporan keuangan secara tepat waktu.

Kesimpulan

Ada banyak manfaat dari sistem manajemen bengkel mobil. Tidak hanya membantu menghemat waktu dan biaya, tetapi juga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Ini juga akan membantu menghilangkan human error yang dihadapi oleh bengkel.

Baca Juga : Cara Memeriksa Tanggal Kadaluarsa Ban Untuk Menghindari Masalah di Toko Ban

turboly.com