Cara Memeriksa Tanggal Kadaluarsa Ban Untuk Menghindari Masalah di Toko Ban

image

Harga murah, sebagian dari kita mungkin akan dengan cepat membeli ban dengan harga termurah dari semua pilihan ban dengan ukuran yang kita butuhkan. Terkadang beberapa toko ban akan memberikan penawaran khusus sehingga semakin cepat kita memutuskan pembelian ban tanpa berfikir panjang (impulsif).

Tetapi penting untuk dicatat bahwa setiap ban memiliki tanggal kadaluarsa setelah itu sebenarnya tidak layak digunakan dalam jangka panjang, karena memiliki risiko yang tidak ringan.

Rata-rata ban memiliki umur empat tahun dari tanggal pembuatan. Namun, hal ini bisa berbeda sesuai dengan tipe dan merk produknya.

Jadi, bagaimana kita tahu tanggal pembuatan ban? Jika diamati lebih detail, informasi ini tertulis di ban dalam empat digit. Dua digit pertama mewakili minggu produksi, sedangkan dua terakhir adalah tahun produksi. Inilah yang sering tidak diperhatikan, karena terlena dengan harga murah.

Perhatikan bahwa empat digit berdiri sendiri, tidak ditambahkan ke alfabet apa pun. Beberapa merk menempatkan tanda asterik (*) sebelum dan sesudah empat digit, sementara yang lain hanya mendeskripsikannya.

Sebagai contoh, 1621 berarti ban tersebut diproduksi pada minggu ke-16 minggu terakhir bulan April) di tahun 2021. Oleh karena itu, ban tersebut akan kadaluarsa pada minggu ke-16 tahun 2025 jika mengacu kepada masa pakai 4 tahun. Jadi, mulailah perhatikan hal ini saat ingin membeli ban untuk mobil kita. Jangan sampai kita membeli ban baru yang telah Kadaluwarsa.

Apakah ada merk ban yang tidak mencantumkan informasi ini? Jawabnya ada, namun biasanya ini muncul untuk merek-merek tidak populer (terkenal) atau juga ban hasil vulkanisir yang dibuat sedemikian rupa sehingga nampak baru namun sebenarnya sudah kadaluwarsa.

Membeli ban tanpa mengetahui tanggal produksi seperti kita makan makanan tanpa tahu tanggal kadaluarsa. Risiko besar dari penggunaan ban yang kadaluwarsa adalah ban bisa benjol, retak hingga pecah yang dapat membahayakan nyawa semua penumpang.

Jadi, sebagai penjual (toko ban) dan pembeli harus lebih teliti lagi, selalu periksa ban saat akan memasangnya dan ajukan keberatan jika ada toko ban yang coba curang dan tidak memberikan informasi sebenarnya. Untuk Toko Ban, gunakan sistem ritel otomotif yang memiliki fungsi inventory batch & expiry untuk menjauhkan toko dari stok mati dan menghindari kekecewaan pelanggan. Sistem POS Otomotif Ritel Turboly memberikan solusi inventory batch & expiry untuk menjaga stok ban tetap dalam kondisi prima.

Baca Juga : Service Advisor di Bengkel Resmi vs di Bengkel Spesialis

turboly.com