Apa itu Service Work Order?

image

Service Work Order atau lazim disebut Surat Perintah Kerja (SPK) adalah dokumen yang diotorisasi service advisor untuk mekanik untuk menyelesaikan tugas. Service Work Order sebagai perintah kerja atau perintah layanan, perintah kerja biasanya digunakan untuk mengelola kegiatan service di bengkel sebagai tindak lanjut dari inspeksi atau diagnosis yang dilakukan sebelumnya oleh service advisor.

Service Work Order merupakan jantung dari setiap sistem bengkel. Terlihat hanya seperti dokumen sederhana untuk menetapkan tugas pekerjaan, tetapi dibalik semua itu Service Work Order memiliki fungsi besar untuk membantu memantau berbagai suku cadang dan tenaga kerja yang dihabiskan untuk jasa service di bengkel. Service Work Order penting karena memainkan peran penting dalam men-standarisasi alur kerja di bengkel, khususnya pengajuan permintaan kerja hingga proses quality control untuk menyelesaikan Service Work Order.

Tips Cara Menulis Perintah Kerja

Ada beberapa cara untuk membuat perintah kerja, antara lain tergantung pada kondisi di bengkel dan kebutuhan pelanggan. Apa pun masalahnya, proses yang disederhanakan untuk membuka Service Work Order dapat memastikan bahwa pekerjaan pemeliharaan akan dilakukan tepat waktu. Di bawah ini adalah beberapa panduan umum untuk membantu tim menulis perintah kerja dengan lebih efisien:

Pahami pekerjaan yang diminta

Service Work Order adalah tindak lanjut dari sebuah Service Order, sehingga Service Work Order harus mengacu pada detail yang ditunjukkan dalam service order dan mereka juga harus mendapatkan informasi hasil inspeksi yang menyeluruh tentang apa yang perlu dilakukan.

Pertimbangkan sumber daya yang dibutuhkan

Setelah memiliki pemahaman yang jelas tentang pekerjaan yang diminta, pikirkan tentang elemen yang diperlukan untuk melakukannya. Mengantisipasi suku cadang mana yang akan digunakan, stok untuk diperiksa, dan suku cadang yang harus dibeli dapat membantu menghindari penundaan. Selain itu, sangat penting untuk menilai apakah tugas tersebut dapat dilakukan 1 mekanik atau lebih.

Buat spesifik namun ringkas

Pada dasarnya, contoh format perintah kerja berisi deskripsi pekerjaan, penerima tugas, detail pemohon, rincian biaya, jadwal atau tenggat waktu, dan tanda tangan resmi. Kunci untuk menulis Service Work Order secara efisien adalah menyajikan semua informasi yang diperlukan dengan cara yang tidak rumit. Mencapai keseimbangan antara singkatnya dan kelengkapannya dapat membantu meminimalkan risiko perbedaan selama penerapan perintah kerja.

Gunakan perintah kerja tanpa kertas

Service Work Order yang ditulis di atas kertas dapat menyulitkan tim mekanik untuk mengaturnya karena cenderung mudah rusak dan salah tempat. Gunakan Software Bengkel Otomotif yang menyediakan Service Work Order digital, di sisi lain, dapat diselesaikan di perangkat seluler apa pun, sehingga memudahkan Service Advisor untuk menulis Service Work Order dan secara realtime dapat dilihat oleh tim mekanik. Dengan menggunakan Service Work Order dari Sistem Bengkel tidak hanya meminimalkan kesalahan input data tetapi juga menghemat waktu dan tenaga untuk otorisasi.

Baca Juga : Software Bengkel Otomotif yang Tepat Dapat Menumbuhkan Bisnis

turboly.com