Cara Berkomunikasi Secara Efektif dengan Setiap Pelanggan Bengkel

image

Dalam bengkel komunikasi sangat penting, baik itu komunikasi kepada supplier dan komunikasi kepada pelanggan. Walaupun terlihat sama, namun keduanya adalah jenis komunikasi yang berbeda antara supplier dan pelanggan. Dalam ulasan ini, kita akan lebih banyak membahas bagaimana cara komunikasi dengan pelanggan yang baik di bengkel mobil yang bertujuan utama untuk meningkatkan kepuasan pelangga.

Pertama, coba berikan kesan yang baik saat awal berkomunikasi. Mengapa ini penting?

Kesan pertama cukup penting, karena ini adalah tahap awal kepercayaan pelanggan dibangun. Jadi, kesan awal walaupun waktunya singkat namun tidak boleh diabaikan. Dalam bengkel mobil, ini adalah tugas penting bagi seorang service advisor. Service advisor harus dapat menjadi pendengar yang baik, mampu menganalisa dengan cepat serta mampu memberikan rekomendasi yang tepat.

Komunikasi non-verbal juga sangat berpengaruh dalam tahap awal membangun kepercayaan pelanggan. Komunikasi non-verbal ini datang dalam bentuk bahasa tubuh, postur, dan bahkan ekspresi wajah seseorang.

Meskipun komunikasi non-verbal dapat berdampak besar, namun cara komunikasi verbal masih memiliki banyak kekuatan. Selalu utarakan kata positif dan sampaikan sesuai kondisi sebenarnya dapat sepenuhnya membangun kepercayaan pelanggan.

Menggabungkan komunikasi dengan kepribadian DISC untuk komunikasi di bengkel

Jadi, maksud dari DISC? :

  • Dominant (Pengendali): bertekad, langsung, menginginkan hasil
  • Influence (Pengaruh): antusias, ramah, menghargai ide
  • Steadiness (Pendukung): sabar, mendukung, menerima
  • Compliance (Analis): berdasarkan fakta, terperinci, analitis

Kepribadian DISC adalah sesuatu yang perlu diterapkan ke dalam bisnis bengkel mobil. Cara ini ini akan membantu mengidentifikasi cara terbaik berkomunikasi dengan mekanik dan pelanggan secara bersamaan.

Mulai mekanik hingga pelanggan yang dilayani baik, setiap individu berkomunikasi secara berbeda. Untuk alasan ini, penting untuk secara proaktif menyesuaikan gaya komunikasi yang gunakan setiap hari di bengkel mobil.

Baca Juga : Service Advisor di Bengkel Resmi vs di Bengkel Spesialis

turboly.com