Service Advisor di Bengkel Resmi vs di Bengkel Spesialis

image

Begitu banyak karir otomotif yang bisa dipilih, dengan berbagai peran dan variasi pekerjaannya. Salah satu pilihan berkarir di bidang otomotif adalah sebagai Service Advisor. Bekerja sebagai service advisor, akan memiliki tanggung jawab yang berbeda antara Service Advisor di dealer/ bengkel resmi atau bengkel spesialis (umum).

Lalu, mengapa lokasi dan lingkungan ini bisa berbeda walaupun dengan fungsi yang sama sebagai service advisor? Berikut penjelasannya :

Dealer/ Bengkel Resmi Memiliki Akses Informasi dan Teknologi Terbaru Pabrikan

Salah satu manfaat terbesar dari bekerja di dealer/ bengkel resmi adalah dapat membuat konsultasi layanan mobil jauh lebih mudah. Dealer/ bengkel resmi bagaimanapun, cenderung memiliki akses besar ke informasi, teknik, dan alat terbaru yang ditawarkan oleh pabrikan. Ini sering memungkinkan diagnosis masalah yang lebih cepat atau lebih lengkap daripada yang mungkin dilakukan di bengkel spesialis (umum).

Service Advisor di Bengkel Spesialis Memberikan Harga Lebih Rendah (Murah) Dibandingkan Dealer/ Bengkel Resmi

Dealer biasanya akan memiliki harga overhead yang lebih tinggi sebagai akibat dari pengoperasian fasilitas yang lebih lengkap dan terupdate. Dealer/ bengkel resmi juga akan memberikan manfaat lebih dibandingkan dengan bengkel spesialis (umum). Kita tidak bisa memungkiri fakta bahwa pelanggan biasanya lebih suka mencari harga yang lebih rendah berarti banyak yang akan tertarik ke bengkel spesialis. Ini adalah salah satu faktor mengapa pelanggan enggan mengunjungi dealer/ bengkel resmi jika masa garansinya sudah berakhir.

Service Advisor Menentukan Perbedaan dalam Kesuksesan Bengkel Mobil

Dealer/ bengkel resmi sangat ingin mengukuhkan posisinya sebagai tujuan layanan untuk mobil, dan membuat dorongan besar untuk meningkatkan daya tarik penawaran mereka. Saat ini elemen lain sudah mulai diperhatikan, seperti kenyamanan ruang tunggu, penawaran makanan/ minuman yang tersedia, dan semuanya merupakan pelengkap dalam memberikan pengalaman dealer/ bengkel resmi modern. Pelanggan merespons dengan baik kenyamanan ini, dan menjadi lebih tertarik pada pengalaman dealer secara keseluruhan bukan hanya dari sisi kualitas perbaikan bengkel.

Meskipun demikian, bengkel spesialis (umum) masih memiliki keunggulan. Sebagian, ini mungkin berkat harga yang lebih rendah yang ditawarkan. Ada sebuah survei dilakukan dan menunjukkan bagaimanapun, bahwa faktor pembeda utama antara keberhasilan atau kegagalan setiap bengkel adalah kualitas layanan yang diberikannya, yang membuat service advisor penting dimanapun mereka berada. Selalu berikan layanan yang ramah dan fokus pada personal, maka semua itu akan memberikan pengalaman berkesan yang diinginkan pelanggan.

Baca Juga : Service Writer Vs Service Advisor

turboly.com