Mendorong Word of Mouth dan Traffic Saat Membuka Lokasi Ritel Baru

image

Memiliki banyak toko akan memungkinkan merk ritel untuk memperluas jangkauan penjualan produk dan mendapatkan segmen pelanggan baru.

Tetapi penting untuk diingat bahwa membuka toko cabang baru bukanlah satu hal yang mudah untuk dilakukan, karena skenario membuka toko baru bukanlah “membuka toko dan pelanggan akan datang”. Kita tidak bisa mengharapkan pelanggan untuk secara otomatis berbondong - bondong datang saat grand opening toko baru sesuai yang kita inginkan. Perlu strategi promosi dan kerja keras, agar dapat menarik pelanggan dan mereka mau menyebarkannya lewat sosial media sehingga kita bisa mendapatkan traffic yang kita targetkan.

Untuk membantu melakukannya, di bawah ini adalah beberapa ide tentang bagaimana bisa dapat mendorong promosi Word Of Mouth dan traffic untuk cabang toko baru. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dicoba :

Promosikan lokasi toko baru bahkan saat sebelum dibuka

Kita perlu membangun hype bahkan jika toko baru masih belum beroperasi. Promosikan toko cabang baru secara offline ataupun online misalnya seperti, blog website, dan melalui media sosial tujuannya agar prospek pelanggan mengetahui kehadiran merek kita sehingga traffic toko baru nantinya tetap tinggi.

Ceritakan Pada Pelanggan

Jika cabang toko baru tidak terlalu jauh dari toko yang sudah ada, dapat mencoba membicarakan lokasi toko baru dengan pelanggan yang sudah ada saat mereka bertransaksi di kasir. Tidak ada salahnya untuk meminta mereka untuk mengabarkan lokasi dan jadwal pembukaan toko baru kepada teman dan kolega mereka agar mereka sadar akan keberadaan merek kita.

Media sosial

Posting cerita singkat dan foto cabang toko baru yang akan segera dibuka di media sosial sehingga pengikut (baca : pelanggan) tidak ketinggalan info penting mengenai toko cabang yang akan segera dibuka. Lewat media sosial kita juga dapat melakukan promosi dan memberikan hadiah untuk menarik orang agar membagikan konten ini kepada teman-teman mereka.

Email Marketing

Kirimkan blasting email, khusus untuk memberitahu pelanggan bahwa toko baru akan buka di lokasi baru. Pastikan hanya mengirim email ini ke pelanggan yang relevan, hindari mengirimkan pengumuman ini kepada pelanggan yang tidak tinggal di sekitar toko baru untuk menghindari spam.

Mengirimkan email bertarget geografis cukup sederhana jika sebelumnya toko memiliki data customer yang benar. Misalnya toko mengumpulkan informasi pelanggan seperti tempat tinggal, toko dengan mudah mengurutkan menggunakan CRM atau solusi pemasaran email lainya setelah itu baru ditentukan strategi promosi yang sesuai.

Buat Promo diskon di hari pembukaan

Hari Pembukaan sudah pasti menjadi acara yang penting, jadi tidak ada salahnya jika menawarkan promo diskon saat hari penting bersejarah dalam pembukaan toko cabang baru. Buat perencanaan yang lebih menarik dari diskon biasanya, tentukan produk apa yang akan kita diskon dan berapa persen, buat perencanaan budget agar tidak mempengaruhi cash flow usaha anda.

Baca Juga : Tips Mengelola Multi Store Outlet Dalam Usaha Retail

turboly.com