Penjualan Ban Menjadi Mudah Dengan Software Bengkel Turboly

image

Menggunakan Software Bengkel Turboly untuk bengkel bengkel mobil, salah satunya adalah terintegrasi dengan sistem inventory untuk penyimpanan suku cadang termasuk ban untuk membantu pelacakan dan pergerakan ban di berbagai lokasi bengkel dan gudang.

Langkah 1: Service Order

Setiap kali berinteraksi dengan pelanggan yang ingin membeli dan mengganti ban, langkah pertama adalah menuju ke bagian service order (SO) dan mulai memasukkan informasi profile pelanggan dan kendaraan. Dari informasi dasar seperti nama, nomor telepon, dan alamat email mereka hingga detail detail kendaraan.

Setelah selesai dengan pencatatan data pelanggan dan kendaraannya, pilih bagian “parts” sebagai langkah untuk mencari dan memilih produk ban sesuai ukuran dan merek-nya. Pada bagian ini, jumlah stok yang tersedia juga akan muncul di layar sehingga tim penjualan di bengkel akan mengetahui stock tersedia atau tidak dan bisa memberikan rekomendasi jenis ban lain.

Langkah 2: Work Order

Setelah SO disetujui oleh pelanggan dan ban siap dipasang, Service Advisor dapat melakukan penugasan kepada mekanik untuk memasang ban di kendaraan pelanggan. Informasi ini lengkap dengan info jenis ban dan pekerjaan yang harus dilakukan mekanik.

Dalam tahap ini, pada tahapan akhir service advisor bisa melakukan QC Check atas pemasangan ban yang sudah dilakukan oleh mekanik. Jika masih ada kendala Service Advisor bisa melakukan tindak lanjut kepada mekanik untuk dilakukan pengerjaan ulang.

Langkah 3: Service Invoice

Setelah semua ban terpasang dengan aman sesuai standar bengkel, tahapan selanjutnya adalah pembayaran pelanggan ke bagian kasir sesuai tagihan. Jika dalam kondisi normal maka tagihan akan sesuai estimasi biaya yang sudah disetujui pelanggan sebelumnya, tapi dalam service invoice bagian kasir juga bisa menambahkan produk lain barang dan jasa sesuai dengan penambahan selama proses work order.

Tahap akhir adalah kasir akan menerbitkan surat ijin keluar / gate pass kepada pelanggan sebagai bukti bahwa pembayaran sudah dilakukan dan kendaraan sudah layak jalan.

Software Bengkel Turboly menyediakan informasi stok ban dan berbagai jenis layanan penjualan bengkel. Hal ini memungkinkan staff penjualan / service advisor dengan mudah melihat semua stok ban di satu lokasi hingga menerima pembayaran dalam satu platform software bengkel.

Baca Juga : Mengapa Bengkel Mobil Membutuhkan Situs Web Modern dan Profesional

turboly.com