image

Sistem POS Mengubah Operasi Bisnis Ritel

Sistem POS telah berkembang pesat dan menjadi lebih dari sekedar mesin kasir. Kebutuhan pelanggan ditopang dengan perkembangan teknologi yang pesat menjadikan sistem POS bagian terintegrasi dari seluruh ekosistem operasi bisnis.

Sistem POS berbasis cloud seperti Turboly POS memungkinkan user untuk berbagi data dan informasi, melacak dimana stok produk dan memproses penjualan dari transaksi online. Selain itu Sistem POS juga dibekali dengan kemampuan untuk melacak histori penjualan per produk dan pelanggan, data-data return penjualan hingga melihat produk apa saja yang sedang tren sehingga data dan informasi tersebut dapat diolah untuk analisa dan strategi manajemen.

Beberapa solusi Sistem POS memiliki fungsi mobile POS sehingga dapat menggunakan perangkat elektronik selain PC/ Komputer seperti tablet dan ponsel dapat digunakan. Dengan begitu, bagi toko ritel yang kecil hal ini mampu mengurangi biaya investasi hardware dan bisa digunakan untuk berinvestasi pada pengembangan usahanya.

Berikut adalah bagaimana sistem POS berubah dan bagaimana bisnis dapat bertumbuh bersama sistem POS .

1. OmniChannel

Tren penjualan ritel saat ini adalah offline dan online. Dengan menjalankan operasi penjualan online melalui marketplace ataupun website hingga media sosial bisnis ritel dapat tumbuh secara signifikan. Dengan Sistem POS modern, semua channel penjualan dapat digabungkan dalam 1 Sistem POS, sehingga tidak ada lagi pekerjaan manual karena Sistem POS dapat diintegrasikan dengan platform penjualan online sehingga staff di toko atau staff admin penjualan dapat menghemat banyak waktu dengan otomasi prosesnya.

Salah satu solusi e-commerce adalah sistem Shopify. Turboly POS dapat disinkronkan dengan aplikasi Shopify untuk melacak transaksi online. Hal ini jauh lebih mudah dan praktis jika dibandingkan dengan mengelola banyak channel penjualan dan stok. Turboly POS dan Shopify dapat diintegrasikan untuk menyinkronkan informasi stok dan produk secara otomatis. Dengan cara ini, pengguna memiliki akses cepat dan mudah ke data real-time dan informasi pelanggan di dua saluran penjualan, tanpa perlu mendapatkan laporan di beberapa sistem.

2. Online Payment

Bisnis harus mempertimbangkan untuk menerima pembayaran digital, seiring dengan perubahan pola transaksi pembayaran pelanggan yang mulai beralih dari pembayaran tunai ke non tunai karena dianggap lebih praktis dan efisien. Dengan sistem POS online, pelanggan akan memiliki banyak pilihan pembayaran.

3. POS + CRM

Sistem POS sebelumnya hanya dapat menyimpan data mengenai kebiasaan pelanggan dalam berbelanja. Tetapi sistem POS modern kini sudah mengintegrasikan transaksi secara real-time dengan solusi CRM untuk membantu bisnis dalam meningkatkan penjualan serta meningkatkan pendapatan bisnis. Integrasi sistem POS dan CRM memungkinkan staff untuk melihat pelanggan mana yang memiliki produktivitas dan loyalitas yang baik dalam hal frekuensi sehingga dapat menentukan pelanggan segmen apa yang layak dikejar untuk pertumbuhan bisnis anda.

4. Akses Penggunaan Sistem

Tidak hanya perusahaan besar yang perlu menggunakan Sistem, termasuk sistem POS. Karena biaya pemakaian Sistem POS saat ini sudah semakin terjangkau dan ada banyak pilihan sistem POS yang dapat digunakan sesuai dengan jenis usaha dan kebutuhannya. Dengan demikian manfaat dari perubahan ini usaha ritel yang sedang berkembang bisa menggunakan Sistem POS Cloud dengan biaya bulanan yang rendah tanpa perlu berinvestasi pada hardware yang mahal selama terkoneksi internet

Misalnya, Turboly sistem POS untuk ritel. Mampu menyederhanakan proses bisnis ritel. Sistem POS memiliki fitur untuk pengelolaan data transaksi yang akurat, memberikan informasi kinerja bisnis yang dikelola. Sistem POS juga memberikan laporan secara detail mencangkup analisis, persediaan stok, item terlaris fast moving dan pengoptimalan pendapatan bisnis, semuanya dapat diakses secara real-time dari mana saja.

Baca Juga : Manfaat POS di Era Bisnis Modern

www.turboly.com