5 Cara Tepat Mengelola Stok Suku Cadang

image

Pengelolaan stok suku cadang di bengkel melibatkan pengelolaan alur suku cadang masuk dan keluar dari gudang, pemantauan pergerakan suku cadang, perencanaan tata letak / layout, rencana dan jadwal pengiriman yang tepat waktu hingga memastikan suku cadang tersedia dan memastikan ketersediaan produk tidak berlebihan.

Jika tidak dikelola dengan baik, hal ini akan membuat staff gudang akan mengalami kesulitan dan staff mekanik di bengkel juga akan terhambat kinerjanya. Lalu bagaimana cara tepat mengelola stok suku cadang di gudang yang baik?

Design Layout Gudang dengan Tepat

Penyusunan layout penyimpanan yang baik akan mempermudah staff gudang dan otomatis meningkatkan efisiensi dengan mengelompokkan produk yang paling laris secara berkelompok untuk memudahkan pencarian. Juga bisa mengurutkannya berdasarkan kategori suku cadang atau jenis mobil. Teliti Saat Terima Stok

Saat proses penerimaan suku cadang yang baru masuk ke gudang, segera lakukan pemeriksaan dan verifikasi. Jika ada kekurangan atau kerusakan, bisa segera membuat catatan agar tidak menyulitkan di kemudian hari. Setelahnya, langsung susun di posisi yang sudah ditentukan agar tahu apa saja yang ada dan apa yang sudah habis.

Jaga Keamanan Gudang

Menjaga lingkungan yang aman sangat penting untuk menjaga ketenangan pikiran. Selain menjaga keamanan stok suku cadang, juga harus memastikan keamanan kerja staff gudang. Sebaiknya pilih tenaga profesional yang mampu menjaga gudang dan memastikan gudang beroperasi dengan baik.

Pelatihan Rutin Karyawan

Proses dari sebuah bisnis terus berubah dari waktu ke waktu, pastikan informasi yang dimiliki oleh karyawan tetap up to date. Melakukan pelatihan secara berkala atau melakukan pelatihan silang agar karyawan memiliki keterampilan menangani lebih dari satu pekerjaan di gudang.

Gunakan Software Inventory yang Tepat

Sistem Inventory dijalankan oleh manusia (staff) dengan bantuan sistem software inventory. Ada banyak pilihan software inventory bengkel yang dapat digunakan untuk menangani suku cadang dan membantu mengelola inventory suku cadang di gudang dan tentukan software bengkel mana yang paling cocok untuk usaha Anda.

Baca Juga : Strategi Membuat Pelanggan Terkesan dan Loyal

turboly.com