Cara Meningkatkan Penjualan di Toko Kosmetik dan Produk Kecantikan

image

Semua merk produk kosmetik dan kecantikan pasti menghadapi masalah yang sama: bagaimana menjual lebih banyak produk. Meskipun ada banyak cara untuk menarik pelanggan ke toko, tapi ada 6 pendekatan penting yang dapat ditindaklanjuti untuk membantu memanfaatkan apa yang menarik pelanggan untuk membeli.

Pro Aktif

Sikap proaktif hanya mempertegas apa langkah selanjutnya bagi pelanggan dan menawarkan beberapa benefit untuk jika mengambilnya. Misalnya, pelanggan memulai komunikasi baik itu secara online ataupun offline, maka BA/ SPG harus bisa melakukan follow up dan menjelaskan penawaran produk. Selain itu juga tidak ada salahnya untuk memberikan penawaran mencoba sampel, mendaftar untuk membership atau poin hadiah. Poin penting dari sikap proaktif ini adalah bagaimana cara untuk menarik pelanggan.

Upselling

Buat pengelompokan yang menarik di rak, dalam kemasan yang dapat dibeli. Fokus pada strategi untuk membuat tampilan keseluruhan berdasarkan kelompoknya. Meskipun secara umum hal ini berfungsi untuk menyimpan produk saja, namun jika diterapkan dengan baik dan menjadi highligt maka bisa mendorong upselling.

Indulgence Marketing

Jangan lupa bahwa banyak keputusan belanja didasarkan pada emosi daripada logika. Pembelian impulsif adalah hal yang umum terjadi untuk semua produk termasuk kosmetik. Dengan pelayanan yang memanjakan pelanggan seolah kita memberikan “terapi ritel” untuk meningkatkan suasana hati dan emosional pelanggan dan membuat mereka berbelanja lebih banyak lagi.

Pengalaman Berkesan untuk Mendorong Pembelian Berulang

Menghubungkan dari indulgensi, pasti ingin memastikan bahwa setiap prosesnya menghasilkan sesuai yang positif. Tawarkan sample product dan berikan contoh cara mudah untuk menggunakan produk, panduan penggunaan, layanan pelanggan yang sangat baik dan tindak lanjut, dan pastikan bahwa produk akan dipandang sebagai sesuatu yang istimewa.

Baca Juga : Jangan Salah, Beauty Advisor dan SPG itu Berbeda

turboly.com