Mendorong Customer Untuk Memberikan Ulasan

image

Mendapatkan Review atau ulasan customer tentang pelayanan di toko optik kacamata akan memberikan informasi yang begitu penting untuk meningkatkan kualitas layanan dan penjualan. Ulasan, khususnya ulasan online di Google, media sosial ataupun platform lainnya dapat menjadi referensi penting para calon customer baru dalam pengambilan keputusan pembelian. Meskipun pemberian ulasan sudah cukup umum dewasa ini, namun masih banyak juga customer tidak tahu bahwa ulasan mereka sangat penting bagi toko optik kacamata, sehingga tak jarang hal ini sering dilupakan. Maka dari itu, penting untuk pelaku bisnis ritel optik dan kacamata untuk dapat mendorong customer atau pasien memberikan ulasan tentang layanan mereka baik itu ulasan yang positif ataupun ulasan yang negatif.

Berikut beberapa strategi untuk mendorong review dari customer atas penjualan dan kualitas layanan:

Jangan Ragu untuk Memintanya

Sebenarnya meminta review dari customer bukanlah hal yang sulit, jadi jangan sungkan untuk secara langsung meminta kepada mereka. Cara paling sederhana adalah saat mereka selesai melakukan pembayaran di kasir, mintalah atau ingatkan dengan sopan kepada mereka untuk tak lupa memberikan ulasan di Google atau di media sosial.

Sediakan Media yang Mudah

Salah satu alasan customer enggan atau lupa memberikan ulasan, hal ini karena media untuk menuliskan ulasan tidak cukup familiar. Maka dari itu, sediakan media yang mudah dan familiar serta mudah untuk mereka saat menuliskan ulasan. Misalnya di halaman Google ataupun media sosial instagram hingga ke marketplace.

Berikan Reward Bagi Mereka

Mengingat ulasan baik itu yang positif dan negatif sangat penting untuk perusahaan, maka jangan sungkan memberikan reward kepada customer yang sudah meluangkan waktu untuk menuliskan ulasan. Salah satu opsinya adalah dengan voucher diskon ataupun tambahan point reward atas setiap ulasan yang mereka tuliskan.

Ambil keuntungan dari review negatif

Tidak ada perusahaan yang ingin diberikan review negatif, apalagi jika review tersebut diposting di ruang publik seperti Google Review ataupun media sosial. Namun sebenarnya ada sebuah keuntungan yang kita dapatkan dengan adanya review negatif tersebut. Review negatif yang diterima dapat menjadi sebuah bukti bahwa review tersebut murni bukan rekayasa. Sehingga hal ini dapat membantu untuk membangun kepercayaan customer atas merek toko optik dan kacamata.

Jangan lupa untuk memberikan respon atas review yang diberikan

Setelah anda mendapatkan review dari customer bukan berarti tujuan sudah tercapai. Karena ulasan sangat penting maka wajib bagi kita memberikan respon atas pendapat yang mereka berikan dengan membalas review yang mereka berikan.Baik review yang diberikan positif atau negatif, wajib bagi untuk merespon kembali. Terlebih jika review tersebut negatif, berikan respon secara personal untuk review negatif tersebut. Karena revew negatif yang diberikan merupakan bentuk kekecewaan mereka terhadap pelayanan dan produk anda, sehingga membutuhkan cara khusus untuk menangani review seperti ini.

Baca Juga : 3 Alasan Pelanggan Memilih Optik Ritel