Tantangan Menjalankan Toko Handphone

image

Anda gagal merencanakan, Anda harus merencanakan kegagalan. Salah satu alasan utama kegagalan bisnis toko handphone/ ponsel adalah kurangnya pemahaman dan pengalaman tentang tantangan yang akan dihadapi. Banyak toko ponsel gagal untuk mempelajari, memahami, dan mempersiapkan tantangan yang harus mereka atasi.

Berikut kita bahas beberapa tantangan umum yang dihadapi secara khusus oleh toko ritel ponsel. Sebagai informasi dan memberikan harapan yang tepat sebelum terjun ke dunia ritel ponsel yang cukup menguntungkan.

1. Single Fighter

Banyak toko ritel ponsel khususnya toko ponsel independen melakukan penghematan signifikan dengan melakukan semuanya sendiri secara berlebihan. Namun, pasti akan ada saat-saat, ada kebutuhan mendadak sehingga tidak bisa berada di toko. Jika hal ini terjadi, maka toko ponsel menjadi tidak kosisten buka dan tutup tidak terjadwal sehingga membuat pelanggan enggan untuk datang. Maka, mulailah membentuk tim yang kuat, SOP yang jelas sehingga bisa mendorong toko ponsel terus berhasil dan berkembang.

2. Kompetisi:

Persaingan pasar ritel ponsel terus meningkat selama dekade terakhir ini, dengan lokasi ritel ponsel dimana-mana mudah dijumpai. Persaingan ini bukan bisa berdampak negatif jika pemilik toko ponsel tidak memiliki strategi yang tepat untuk menghadapinya. Buat toko ponsel Anda unik, dan berikan layanan tambahan kepada pelanggan sehingga toko ponsel Anda bisa menjadi pilihan utama saat mereka membutuhkan

3. Kebijakan Principal / Brand:

Selain persaingan toko ritel ponsel, brand atau merek ponsel pun memiliki kompetisinya sendiri. Tak jarang setiap merek berlomba-lomba memberikan diskon dan cashback kepada pelanggan untuk mendorong penjualan. Hal ini juga bisa berdampak negatif, karena umumnya hal ini akan menghadirkan “anak tiri” untuk toko-toko ritel ponsel yang menjual kurang dari target penjualan principal. Jika sebuah toko ritel ponsel sudah dianak-tirikan oleh merek, maka pasokan stok akan mulai berkurang dan margin yang didapat pun semakin mengecil.

Baca Juga : 3 HAL WAJIB SAAT MEMULAI TOKO PONSEL

turboly.com