3 Masalah Umum Industri Ritel Elektronik Rumah Tangga

image

Industri Ritel Elektronik Rumah Tangga, seperti banyak sektor lainnya, mengalami beberapa pasang surut yang berlebihan belakangan ini. Meskipun pandemi menyebabkan lonjakan permintaan dalam vertikal tertentu (untuk kebutuhan hiburan di rumah dan bekerja di rumah), masalah rantai distribusi cukup terganggu yang disebabkan oleh kurangnya pasokan dari pabrik akibat pandemi.

Berikut adalah 3 masalah umum yang dihadapi oleh industri elektronik rumah tangga dewasa ini :

1. Orientasi Produk Tidak Efisien

Masalah: Sektor elektronik konsumen adalah sektor yang bergerak cepat. Permintaan untuk produk baru dan dengan teknologi baru adalah pasti. Akibatnya, produsen terus menyempurnakan teknologi yang lebih maju untuk ditawarkan ke pasar, dan produk baru diluncurkan dengan masif sedangkan produk “lama” mulai terlihat sudah ketinggalan jaman.

Solusi: Kunci sukses untuk setiap proses yang berulang dalam skala besar adalah efisiensi. Hal ini bisa dalam bentuk alur kerja otomatisasi, termasuk dalam menentukan produk mana yang akan dipesan dari supplier. Dengan sistem erp terbaik untuk retail elektronik Turboly Cloud ERP dapat memberikan informasi penting mengenai trend produk dan data penjualan periode sebelumnya. Sistem memiliki kemampuan untuk menciptakan berapa dan apa barang yang perlu ditambah atau dilepas dengan diskon untuk mencegah stok mati.

2. Loyalitas Merk

Masalah: Dalam elektronik konsumen, merek sangat penting. Reputasi dan loyalitas yang dimiliki merek elektronik sama pentingnya dengan fitur dan fungsionalitas rilis produk terbarunya. Akibatnya, merek perlu mempertahankan posisi dan presentasi pasar mereka secara konsisten di berbagai retail. Jika gagal memenuhi ekspektasi, maka risiko kehilangan pelanggan sudah didepan mata.

Solusi: Untuk menghindari masalah ini, sistem erp terbaik untuk retail elektronik memberikan informasi produk terlaris berdasarkan merek dan juga bisa mendapatkan informasi penjualan berdasarkan merek. Sehingga setelah tahu pelanggan kita loyal dengan merek apa, maka disanalah investasi modal kita bisa ditempatkan.

3. Mempertahankan Produk Berkualitas Tinggi

Masalah: Seperti yang dibahas sebelumnya, untuk sebuah produk elektronik rumah tangga, pelanggan perlu mendapatkan dan merasakan tingkat kepercayaan yang baik terhadap produk yang mereka beli. Fungsionalitas, kualitas, dan keamanan semuanya harus disampaikan dengan jelas baik itu lewat tulisan ataupun sales person yang ada di toko. Jika ekspektasi konsumen meningkat, maka tak jarang diikuti dengan permintaan yang tinggi.

Solusinya: Saat toko ritel elektronik mengelola ratusan produk di berbagai saluran penjualan. Hal Ini bisa menjadi tantangan nyata. Pelatihan produk knowledge untuk setiap sales person adalah hal penting. Selain investasi modal atas produk, tak salah juga jika menginvestasikan “modal” yang lain yaitu karyawan toko ritel dalam mengikuti pelatihan yang tepat.

Masa Depan Cerah untuk Elektronik Rumah Tangga

Bisnis ritel elektronik rumah tangga akan selalu mendapatkan tempat di mata pelanggan. Sebagaimanapun perkembangan teknologinya, pelanggan akan tetap kembali ke toko ritel elektronik.

Baca Juga : 6 Jenis Laporan yang Harus Dimiliki Toko Barang Elektronik

turboly.com