5 Tips Meningkatkan Hubungan Pelanggan di Bengkel Mobil

image

Cukup sulit untuk mencapai kesuksesan berkelanjutan dalam jangka panjang bagi bengkel mobil yang memiliki komunikasi tidak cukup baik dengan pelanggan, walaupun memiliki layanan yang berstandar tinggi, bagus dan murah. Untuk mencapai kesuksesan yang berkelanjutan, komunikasi pelanggan adalah salah satu faktor penting. Berikut adalah ulasannya :

Kenali Pelanggan Anda

Terkadang merasa memiliki jumlah pelanggan yang sedikit tampak sebagai salah satu kekurangan. Tapi jangan salah, jumlah pelanggan yang sedikit dapat dimaksimalkan untuk mendapatkan keuntungan besar. Karena jumlah pelanggan yang sedikit, kita bisa mengenal mereka lebih dekat. Ketahui nama pelanggan, kendaraannya, dan kondisi kendaraannya. Kita dapat memanfaatkan software bengkel mobil untuk pelacakan pelanggan untuk mengenal pelanggan dan kendaraannya dengan lebih rinci.

Buka Jalur Komunikasi

Perkembangan teknologi dan internet membuka banyak peluang komunikasi, manfaatkan ini untuk menjadi lebih aktif menyapa pelanggan. Hilangkan cara lama yang hanya menunggu pelanggan datang ke bengkel tanpa pernah menyapa mereka sebelumnya. Komunikasi melalui teknologi modern bukan lagi hanya melalui telepon, atau pesan singkat tapi ada media sosial dan website yang dapat dimaksimalkan untuk berbagai layanan misalnya informasi promosi, tanya jawab hingga ke layanan pemesanan layanan / booking service. Untuk pelanggan setia, kirimkan pesan email dan SMS ke pelanggan untuk mengingatkan mereka bahwa layanan terjadwal kendaraan mereka sudah dekat, misalnya tune up atau ganti oli.

Perlakukan Semua Pelanggan Sama

Secara alami, beberapa pelanggan akan menghasilkan lebih banyak daripada yang lain. Namun, nilai pendapat setiap pelanggan adalah sama. Jika sering membuat pelanggan menunggu hanya untuk perawatan ringan seperti ganti oli, sementara tim mekanik di bengkel lebih fokus ke kendaraan pelanggan lain yang sedang melakukan perbaikan berat. Usahakan menjaga kualitas layanan dan citra bengkel, karena jaman internet seperti sekarang semua orang bisa menuliskan ulasan yang baik hingga yang sangat buruk di internet.

Transparan dalam Komunikasi

Bengkel mobil membuat beberapa orang merasa tidak nyaman karena mereka menghabiskan banyak biaya untuk menyelesaikan masalah yang tidak dapat mereka pahami sepenuhnya, dan karena itu, mereka merasa terjebak. Untuk menghindari timbulnya perasaan seperti itu pada pelanggan, lakukan yang terbaik untuk menjelaskan kepada mereka pekerjaan yang akan dilakukan. Selalu jujur dan sarankan metode yang paling efektif dan paling ekonomis untuk kendaraan mereka. Libatkan mereka dalam proses pemeliharaan/perbaikan untuk memastikan mereka merasa nyaman.

Setiap Karyawan Memiliki Sesuatu untuk Dilakukan untuk Kepuasan Pelanggan

Ketika Anda mengelola bengkel mobil, baik itu bengkel independen ataupun bengkel franchise, Anda perlu figur memimpin karyawan, jadi tunjuk senior staff mekanik sebagai kepala bengkel dan menunjuk service advisor untuk menjadi orang yang paling memperhatikan hubungan pelanggan. Namun, sebagai pemilik juga harus tahu bahwa hal ini saja tidak akan cukup terlebih jika bengkel mobil sedang ramai. Oleh karena itu, penting bagi karyawan juga untuk selalu menjaga hubungan pelanggan.

Dalam hal merekrut karyawan, penting untuk mendapatkan kriteria karyawan khususnya mekanik yang selalu berorientasi pada kepuasan pelanggan dan memiliki keterampilan komunikasi yang kuat. Agar staff mekanik ataupun service advisor dapat berkomunikasi secara memadai dengan pelanggan, Untuk menjaga komunikasi pelanggan, Anda dapat menerapkan survey pelanggan atas kesan mereka atas layanan Service Advisor atau mekanik. Langkah-langkah ini bisa diambil untuk selalu memotivasi pelanggan memberikan layanan dan cara komunikasi yang baik dengan pelanggan.

Aplikasi bengkel online seperti Sistem Turboly, selain bermanfaat sebagai alat bantu mengelola operasional bengkel secara keseluruhan juga memiliki fitur customer relation dan vehicle management. Sehingga bengkel mobil akan dengan mudah mendapatkan informasi mengenai pelanggan dan kendaraannya.

Baca Juga : Mengapa Bisnis Bengkel Motor Menarik?

turboly.com