Mengapa Bisnis Bengkel Motor Menarik?

image

Sepeda motor adalah alat transportasi yang paling populer di negara berkembang seperti Indonesia. Hal ini terjadi karena belum memadainya moda transportasi umum khususnya di kota-kota kecil diluar Jakarta.

Dengan populasi sepeda motor yang tinggi tentunya akan diikuti dengan kebutuhan akan jasa service / bengkel sepeda motor itu sendiri. Karena ketika intensitas penggunaan sepeda motor yang tinggi juga akan membutuhkan perawatan rutin seperti ganti oli, tune up, dan ganti ban hingga ke perawatan besar sesuai dengan jarak KM yang sudah ditempuh. Oleh karena itu, keberadaan bengkel sepeda motor sangat dibutuhkan dan akan tetap dibutuhkan apapun jenis sepeda motornya nanti

Layaknya bisnis lainnya, bisnis bengkel sepeda motor juga membutuhkan beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk meraih kesuksesan. Berikut sedikit ulasanya

1. Modal

Modal usaha berupa uang kas adalah hal yang utama dalam membangun sebuah bengkel sepeda motor. Dari modal ini bisa digunakan untuk tahapan awal seperti sewa tempat/ ruko, membeli peralatan standar bengkel sepeda motor, membeli stock suku cadang, perekrutan da pelatihan karyawan hingga investasi kepada teknologi atau alat tertentu untuk memudahkan pekerjaan di bengkel sepeda motor lainnya.

2. Lokasi

Lokasi yang strategis menjadi salah satu faktor penting dalam kelancaran usaha bengkel sepeda motor. Pilih lokasi yang dekat pemukiman atau di jalan utama akan lebih mudah menarik customer. Selain untuk menarik customer, memilih lokasi yang strategis dapat memudahkan siapa saja untuk menemukan bengkel sepeda motor.

3. Supplier Suku Cadang

Bisnis Bengkel sepeda motor tidak hanya melakukan perbaikan juga wajib menjual spareparts atau biasa disebut suku cadang. Pilihlah supplier yang menawarkan harga yang kompetitif, dan kualitas yang baik, sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang layak. Fokus pada supplier suku cadang fast moving sepeda motor Seperti oli, busi, kampas rem, dll.

4. Staff Mekanik

Mekanik adalah penggerak utama bisnis bengkel sepeda motor. Karena kinerja mekanik lah yang akan menarik customer menjadi pelanggan setia. Dalam memulai bisnis bengkel sepeda motor, mungkin di awal tidak membutuhkan banyak mekanik, tapi minimal dibutuhkan 1 mekanik senior yang bisa diandalkan, jujur dan selalu berorientasi pada pelanggan.

5. Menggunakan Strategi Promosi

Strategi promosi merupakan hal wajib yang tidak boleh diabaikan. Dengan promosi yang tepat, bisnis bengkel sepeda motor dapat dengan mudah dikenal oleh masyarakat. Ada dua cara strategi promosi yang bisa Anda lakukan yaitu offline dan online melalui sosial media.

6. Gandeng Komunitas

Komunitas sepeda motor sangat banyak dan tersebar di berbagai daerah. Lakukan pendekatan kepada mereka dengan caranya adalah bergabung dengan komunitas. Mulailah bangun hubungan dan raih kepercayaan mereka untuk mengetahui apa kebutuhan mereka.

7. Program Bengkel

Untuk mendorong pencatatan bisnis bengkel yang baik dan rapi, maka investasikanlah sebagian modal untuk Program Bengkel. Program bengkel yang tepat akan membantu bisnis bengkel sepeda motor untuk mengelola stok suku cadang, mencatat data pelanggan dan kendaraannya (vehicle management) hingga mencatat penjualan service dan spareparts secara rinci.

Baca Juga : Keuntungan Menggunakan Sistem POS di Bengkel Motor

turboly.com