Apa Perbedaan Mekanik Kendaraan Ringan dan Berat?

image

Semua orang mungkin berpikir bahwa semua mekanik mobil itu sama, semua bisa mengerjakan perbaikan mobil pribadi, niaga hingga bus dan truk. Mungkin kita pernah menemukan mekanik seperti itu, namun pada kenyataannya ada perbedaan antara mekanik kendaraan ringan dan kendaraan berat. Bagaimana dengan perbedaan antara teknisi kendaraan ringan dan berat? Jawabannya adalah semua kembali ke spesialisasi.

Tapi apa bedanya teknisi kendaraan ringan dan berat? Untuk mengetahui perbedaanya, kita perlu tahu yang mereka kerjakan. Meskipun mereka mungkin dilatih untuk mengerjakan keduanya, sebagian besar memilih untuk berspesialisasi pada satu jenis kendaraan tertentu.

Teknisi kendaraan berat bekerja pada kendaraan berat. Itu berarti truk, trailer, bus dan kendaraan niaga berat lain, dll. Teknisi kendaraan berat melakukan lebih dari sekadar perbaikan mesin . Mereka perlu tahu cara memecahkan masalah dan menyelesaikan perbaikan pada kelistrikan, saluran rem, hidrolik, bahan bakar, dll.

Teknisi kendaraan ringan biasanya mengacu pada yang lainnya. Artinya, semua mobil “biasa” atau mobil pribadi seperti jeep, minivan hingga sedan, dll. Teknisi kendaraan ringan biasanya tidak menyebut diri mereka seperti itu. Jauh lebih umum bagi mereka untuk disebut mekanik. Mekanik ini juga biasanya berspesialisasi dalam satu bagian perbaikan tertentu. Misalnya, mereka mungkin tahu cara perbaikan mobil secara keseluruhan secara teori tetapi mereka lebih memiliih berspesialisasi dalam perbaikan AC atau Kaki-kaki. Meskipun prinsipnya sebagian besar sama, biasanya satu bengkel mobil akan menangani kendaraan ringan atau pribadi dan yang lainnya dengan kendaraan berat. Sekali lagi, semuanya bermuara pada spesialisasi.

Hal ini tentunya sama dengan sebuah Sistem ERP. Sebuah Sistem ERP juga memiliki spesialisasi, seperti Turboly Cloud ERP yang berspesialisasi khusus untuk industri bengkel mobil dengan fitur software bengkel mobil untuk membantu bisnis bengkel mobil/bengkel kendaraan ringan menjalankan aktivitas bisnisnya tanpa rasa khawatir.

Baca Juga : Mengapa Bisnis Bengkel Motor Menarik?

turboly.com