STRATEGI STOCK ALLOCATION MEMPENGARUHI PENJUALAN

image

Stock Allocation alias penataan ruang di toko dapat mempengaruhi seluruh aspek dari bisnis retail produk kosmetik dan kecantikan. Stock Allocation adalah salah satu faktor penting baik dari segi estetika ruang dan juga bisnis untuk ritel produk kosmetik dan kecantikan. Keuntungan lain dengan strategi stock allocation adalah membantu sebagai media promosi khususnya untuk stock allocation di area display.

Berikut ini beberapa strategi stock allocation khususnya ruang display agar dapat membantu untuk mencapai target penjualan tanpa perlu menghabiskan banyak biaya untuk promosi :

Cukup Pencahayaan

Pencahayaan dapat memberikan suasana yang berbeda untuk toko kosmetik, dengan memberikan pencahayaan yang cukup untuk setiap display akan mampu menarik perhatian konsumen. Ingat, pencahayaan harus cukup bukan berlebihan.

Susunan Produk di Rak

Penyusunan barang di atas rak tidak boleh dilakukan secara sembarangan, barang yang disusun sebaiknya ditempatkan berdasarkan kategori tertentu. Dapat pula produk disusun karena saling melengkapi. Tim merchandiser yang bertanggung jawab untuk penyusunan ini harus kemampuan gabungan antara sense of business dan art.

Trial Space

Sangat umum bagi toko produk kosmetik dan kecantikan menyediakan sebuah area khusus untuk pelanggan mencoba. Area ini biasa dilengkapi dengan seperangkat perlengkapan seperti cermin, kursi dan perlengkapan lain yang diperlukan untuk memberikan pelayanan maksimal. Kustomisasi dengan memberi pencahayaan yang baik agar terlihat lebih atraktif. Dengan adanya tempat khusus tersebut produk anda akan terorganisasi dengan baik dan rapi. Serta merupakan kesempatan untuk menarik perhatian dari pelanggan.

Desain Retail

Design dari ruangan atau counter produk kosmetik dan kecantikan harus mampu memberikan kesan mendalam bagi konsumen saat pertama kali masuk. Kesan pertama akan sangat menentukan dalam dunia retail khususnya produk kosmetik, jadi pastikan segala sesuatu tentang design ruangan dan interior perlu dipertimbangkan dengan matang.

Area Promosi

Promosi merupakan cara untuk menarik perhatian pelanggan baru, jadi penataan display juga dapat menjadi aspek yang dapat anda promosikan kepada pelanggan. Produk yang dipajang di display haruslah yang menarik yang dapat membuat pelanggan masuk ke toko/ counter.

Dengan memanfaatkan ruang dari retail produk kosmetik secara efisien, strategi stock allocation produk display adalah cara terdepan untuk menarik pelanggan. Sistem pos erp untuk retail kosmetik dengan dukungan software inventory batch dan expiry akan membantu strategi stock allocation produk display dengan lebih baik.

Baca Juga : Menerapkan Teknologi di Toko Kosmetik dan Kecantikan

turboly.com