Menerapkan Teknologi di Toko Kosmetik dan Kecantikan

image

Perkembangan teknologi merupakan hal yang tidak dapat kita hindari, teknologi baru akan selalu muncul setiap hari sehingga juga akan mempengaruhi kebutuhan belanja pelanggan. Untuk bisnis ritel produk kosmetik dan kecantikan patut sadar terhadap perkembangan teknologi ini, jika tidak mau tertinggal. Contohnya jika selama ini sistem inventory masih manual, maka sekarang ini adalah waktu yang tepat untuk mengupgrade menggunakan software inventory batch dan expiry yang berbasis software ERP.

Namun bagaimana cara beradaptasi dengan perubahan ini? Bisnis tentunya tidak anda jalankan sendiri, ada sejumlah staff yang bekerja bersama dalam membantu bisnis. Maka, sebelum memutuskan untuk mulai mengimplementasikan teknologi baru jangan ragu untuk berdiskusi mendalam dengan mereka untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan proses operasional yang saat ini berjalan dan membandingkannya dengan kebutuhan pelanggan yang biasa mereka dengar. Uraikan secara jelas pro dan kontra antara 2 hal diatas.

Untuk mendorong pertumbuhan bisnis, yang perlu dilakukan pertama kali adalah meningkatkan skill staff dengan kata lain wajib untuk melatih staff anda dalam penggunaan teknologi baru, misalnya ketika perusahaan ingin mengimplementasikan pos erp untuk retail kosmetik.

Namun bagaimana caranya? Berikut beberapa tips yang dapat membantu untuk melatih staff anda akan teknologi baru :

1. Pilih Waktu Yang Tepat

Dibutuhkan persiapan maksimal untuk memberi pelatihan kepada mereka, tentukan waktu yang tepat untuk melatih para staff. Dan jangan pernah beranggapan bahwa semua staff akan gampang mengerti dengan teknologi baru, karena tingkat kemampuan staf tentu berbeda-beda.

2. Temukan Metode Training yang Baik

Saat akan mengimplementasikan pos erp untuk retail kosmetik, diskusikan dengan vendor Sistem ERP tentang metode pelatihan, namun penting untuk mengetahui dulu bagaimana karakter staff lalu pilihlah metode yang tepat untuk mulai melatih staff. Misalnya untuk menghemat ruang dan waktu melakukan metode training secara online, pembelajaran sistem online sangat cocok diaplikasikan di era saat ini.

3. Bentuk Grup

Bentuklah grup berdasarkan peran mereka di perusahaan, hal ini penting untuk meningkatkan level kemampuan yang dimiliki oleh para staff, sehingga pembelajaran akan lebih fokus dan tepat sasaran.

4. Pilih Teknologi yang Tepat

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, teknologi baru yang digunakan harus sesuai dengan jenis industri. Misalnya untuk bisnis kosmetik, maka yang dipilih haruslah adalah pos erp untuk retail kosmetik. Dengan fitur yang mereka miliki maka otomatis tim trainer juga akan memiliki kemampuan untuk melatih staff sesuai dengan strategi dan workflow sesuai bisnis kosmetik.

5. Maksimalkan Dry Run

Setelah melalui proses pelatihan, lakukan uji coba terhadap teknologi baru tersebut sebelum melakukannya secara live system. Hal ini untuk mengukur sudah sejauh mana kemampuan staff, apakah mereka sudah benar-benar menguasai atau masih memerlukan latihan tambahan

Itulah mengapa penerapan teknologi baru harus diimbangi dengan pelatihan yang baik. Dengan mengimplementasikan teknologi baru diharapkan dapat meningkatkan kinerja staf di bisnis ritel produk kosmetik dan kecantikan.

Baca Juga : Dampak Pandemi Bagi Ritel Kosmetik dan Produk Kecantikan

turboly.com