Bagaimana Ritel Handphone Dapat Meningkatkan Penjualan Melalui Inventory Control?

image

Dalam bisnis ritel handphone dan alat elektronik, tingginya omset penjualan otomatis akan meningkatkan keuntungan. Seperti bisnis ritel lainnya, ritel handphone dan alat elektronik membeli barang dan menjualnya kembali kepada pelanggan. Maka, tidak salah jika inventory control atau pengendalian persediaan akan terlibat dalam menentukan produk mana yang akan dibeli dan berapa kuantitasnya. Bisnis ritel handphone dan alat elektronik sangat dinamis dan sangat bergantung pada selera pelanggan kemajuan teknologi. Oleh sebab itu perusahaan perlu memperkirakan jumlah penjualan yang dapat dilakukan dengan harga yang menguntungkan. Bisnis ritel handphone dan alat elektronik dapat meningkatkan total penjualan ketika mereka menggunakan pengendalian persediaan yang efektif.

Mengurangi Pembelian Berlebih

Salah satu cara untuk menggunakan pengendalian persediaan untuk meningkatkan penjualan adalah dengan tidak membeli lebih banyak persediaan daripada yang diperlukan. Membeli terlalu banyak barang menyebabkan tingkat persediaan yang berlebihan. Saat sudah muncul produk tipe baru maka pelanggan akan cenderung membeli produk yang lebih baru, maka cukup beresiko jika kita masih menyimpan barang lama dimana ada kemungkinan tidak laku ataupun nilainya semakin murah. Otomatis hal ini bisa meningkatkan kerugian. Dengan pengendalian persediaan yang efektif, hal semacam ini dapat dihindari.

Menciptakan Permintaan

Cara lain menggunakan pengendalian persediaan untuk meningkatkan penjualan adalah dengan menciptakan permintaan dengan memperoleh produk dalam jumlah terbatas. Dengan menawarkan persediaan barang yang terbatas, perusahaan menciptakan peningkatan permintaan di kalangan pelanggan. Setiap pelanggan ingin membeli barang tersebut sebelum perusahaan habis. Perusahaan dapat membebankan harga yang lebih tinggi untuk barang tersebut karena permintaan yang lebih tinggi. Hal ini meningkatkan total penjualan perusahaan. Strategi ini biasa digunakan dalam flash sales ataupun limited offer ketika momen penjualan tertentu.

Menjaga Stok Tetap Tersedia

Pengendalian persediaan melibatkan keseimbangan antara membeli terlalu banyak produk dan membeli terlalu sedikit. Sebuah perusahaan ritel handphone dan alat elektronik dapat meningkatkan penjualan dengan memastikan bahwa dapat menjaga cukup produk dalam persediaan untuk memenuhi pesanan pelanggan. Ketika perusahaan mempertahankan tingkat persediaan yang lebih kecil, ia menjalankan risiko loss sales. Selama perusahaan mempertahankan stok persediaan yang cukup untuk memenuhi pesanan pelanggan, maka penjualan akan tercapai.

Menawarkan Produk Pelengkap

Perusahaan ritel handphone dan alat elektronik juga dapat meningkatkan penjualan dengan mempertahankan tingkat yang cukup dari produk pelengkap dalam persediaan. Misalnya, toko handphone harus menyediakan juga aksesorisnya seperti phone case, powerbank, charger hingga tempered glass. Maka pelanggan yang membeli sebuah produk handphone terbaru bisa membeli aksesorisnya juga. Selain meningkatkan penjualan, strategi ini bisa meningkatkan brand image toko menjadi semua toko yang lengkap dimata pelanggan.

Untuk mendorong terciptanya pengendalian persediaan yang baik, diperlukan software toko handphone dan alat elektronik yang memiliki fitur software inventory stok imei untuk menjaga persediaan tetap aman.

Baca Juga : Tantangan Menjalankan Toko Handphone

turboly.com