Meningkatkan Penjualan Dengan Strategi Up Selling

image

up selling adalah salah satu seni dalam penjualan ritel kosmetik. up selling masih menjadi salah satu strategi penjualan ritel yang dapat meningkatkan penjualan tanpa dibebani biaya promosi atau iklan. Up selling adalah strategi menjual dengan menaikkan jenis produk yang awalnya diminati pelanggan untuk meningkatkan penjualan. Sederhananya up selling merupakan cara menjual dengan sedikit merayu pelanggan agar mau mengeluarkan uang lebih banyak dalam membeli tambahan produk atau membeli produk yang harganya lebih mahal.

up selling juga dapat diterapkan di toko ritel produk kosmetik dan kecantikan ketika pelanggan mendatangi counter atau toko, dimana awalnya dia hanya akan membeli bedak, Beauty Advisor atau SPG dapat memberikan penawaran paket perawatan wajah yang lebih tinggi yaitu terdiri dari bedak, lipstik, pensil alis, lip balm hingga set brush namun dengan perbedaan harga setengah dari harga bedak yang ingin dibeli namun mendapatkan produk bundling yang lebih bernilai.

Jika ada 100 pengunjung dalam sehari itu dan 50% berhasil closing dengan membeli paket bundling perawatan wajah maka penjualan akan meroket. Saat melakukan up selling perlu strategi dan pemahaman produk yang mumpuni, imak beberapa tips melakukan up selling berikut ini.

Kenali kebutuhan pelanggan

Sebelum melakukan up selling, BA atau SPG harus paham dulu apa yang dibutuhkan pelanggan. Jangan ragu untuk bertanya saat pelanggan mendatangi toko atau counter. Dengan mengetahui kebutuhan pelanggan maka, BA & SPG akan lebih mudah untuk memberikan penawaran kepada mereka.

Trial

Setiap akan menerapkan strategi baru di ritel produk kosmetik dan produk kecantikan perlu dilakukan trial yang bertujuan untuk mengukur seberapa efektifkah up selling yang telah akan terapkan dan bagaimana pengaruhnya terhadap penjualan. Jika dalam masa trial belum optimal, lakukan beberapa analisa dan perbaikan untuk mengatasinya.

Tentukan Segmen Pelanggan

Target segmen pelanggan dalam penjualan sangat penting karena dapat mengukur dan menganalisa kekuatan bisnis kosmetik. Buatlah target segmen pelanggan lalu ukur segmen mana yang kira-kira cocok jika diterapkan dengan up selling ini.

Reward Karyawan

Memberikan reward kepada karyawan terutama SPG dan BA wajib dilakukan saat mereka telah mencapai target up selling tertentu. Kebijakan reward ini tentu akan berdampak bagus dalam mendorong semangat termasuk meningkatkan penjualan di waktu mendatang.

Selain strategi cara penjualan, untuk mendorong keberhasilan up selling ini juga perlu ditopang dengan sistem operasional yang kuat seperti pos erp untuk retail kosmetik. Dengan pos erp untuk retail kosmetik akan menjaga tingkat persediaan selalu terjaga, dan fitur-fitur promosi diskon bundling untuk mendukung strategi up selling berhasil.

Baca Juga : Manfaat Segmentasi Customer Untuk Bisnis Ritel Kosmetik

turboly.com