Teknik Penjualan Kacamata di Optik

image

Banyaknya design dan fitur kacamata modern menjadikan peluang upselling di optik retail semakin terbuka. Cara penjualan proaktif akan membantu memaksimalkan penjualan kacamata khususnya fashion, sunglass dan produk premium lainnya. Maka staf penjualan harus benar-benar terlatih dan terbiasa untuk lebih efektif dalam memberikan penawaran. Staff penjualan harus dapat mengkombinasikan setiap produk sesuai dengan apa yang dibutuhkan setiap pelanggan. Lakukan pendekatan persuasif dan ciptakan layanan yang menyenangkan untuk membuat pelanggan datang kembali dalam jangka panjang.

Kebutuhan Individu

Berikan pemahaman pada semua staff di optik retail, bahwa cara penjualan yang seragam tidak dapat efektif di semua pelanggan, karena setiap pelanggan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Cara paling sederhana adalah untuk mengetahui jenis aktivitas mereka, apakah mereka pekerja kantoran, atlet atau lebih banyak aktivitas di indoor atau outdoor. Kemampuan dan product knowledge staff sangat penting, mereka harus tahu tentang fitur produk dan bagaimana setiap produk memenuhi kebutuhan pelanggan yang lebih spesifik.

Pendekatan Positif

Gunakan pendekatan positif untuk menjual. Tanyakan bagaimana keluhan pelanggan saat ini. Manfaatkan emosi positif pelanggan saat melakukan kustomisasi atau perbaikan gratis. Setelah mereka merasa nyaman barulah tawarkan produk-produk yang lebih baik dan “mahal” , berikan edukasi kepada mereka keuntungan dan manfaat menggunakan produk tersebut.

Harga

Cantumkan harga di baris terakhir saat membuat promosi penjualan. Tonjolkan fitur positif dari lensa atau kacamata progresif untuk olahraga atau hobi tertentu. Nantikan sampai pelanggan menanyakan harganya. Sesuaikan pendekatan penjualan dengan kebutuhan mereka akan kacamata, bukan budget mereka atau apa yang menurut kemampuan belanja mereka. Pada momen inilah baru staff penjualan dapat menyisipkan penawaran-penawaran bundling produk, promosi diskon, hingga fleksibilitas cara pembayaran.

Layanan Pelanggan

Promosi dan iklan dapat mendatangkan pelanggan baru, tetapi layanan pelanggan yang unggul membuat mereka datang kembali. Membangun iklim positif hubungan pelanggan, wajib dimulai dari internal optik retail antara pimpinan manajemen dengan tim dibawahnya. Jadikan keunggulan dalam layanan sebagai landasan awal dan berkelanjutan bagi staf penjualan. Terlibat langsung dengan pelanggan dengan cara yang ramah dan positif, mengenal mereka sebagai individu.

Untuk mendukung penjualan kacamata yang lebih aman dan efektif di optik retail, software erp optik kacamata Turboly diciptakan untuk bisnis retail optik yang memberikan solusi Sistem POS Optik, Inventory Manajemen hingga ke finance & accounting.

Baca Juga : 5 Keuntungan Kacamata Resep

turboly.com