5 Tips Untuk Mengembangkan Bisnis Bengkel

image

Hampir semua pemilik bengkel, mekanik, dan service advisor yang telah berkecimpung dalam bisnis bengkel selama bertahun-tahun pernah mengalami ketidakpercayaan pelanggan. Kurangnya edukasi dan juga pengalaman buruk dimasa lampau membuat pelanggan merasa takut dan was-was ketika mengunjungi bengkel.

Kekuatiran pertama saat mereka datang ke bengkel adalah mengenai biaya, terkadang mereka merasa biaya yang dibayarkan terlampau mahal. Jika pelanggan tidak khawatir dengan biaya yang mahal, mereka khawatir tentang pekerjaan yang buruk atau tidak perlu dilakukan di kendaraan mereka. Karena banyak orang tidak mengerti cara kerja kendaraan, mudah bagi bengkel untuk melakukan pekerjaan yang terburu-buru atau asal-asalan.

Jika bengkel memiliki mekanik yang baik, dan mampu memberikan kepercayaan pelanggan, semakin besar kemungkinan bagi bengkel untuk mempertahankan banyak pelanggan. Saat mempertahankan semakin banyak pelanggan, maka otomatis mendapatkan basis pelanggan yang cenderung membelanjakan uangnya lebih banyak untuk layanan dan kembali ke bengkel saat mereka membutuhkan bantuan dengan kendaraan mereka.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat menarik lebih banyak pelanggan ke bengkel, dan cara membangun basis pelanggan setia yang benar-benar akan membantu bisnis bengkel motor lebih berkembang.

1) Layanan Pelanggan Adalah Hal Utama

Setiap pelanggan mengharapkan layanan pelanggan berkualitas tinggi, sekarang sangat penting bagi sebuah bengkel dapat memenuhi hal tersebut. Pelanggan tidak akan pernah berbisnis lagi dengan bengkel yang memiliki layanan pelanggan yang buruk. Rata-rata mereka tidak akan datang kembali atau lebih baik membatalkan booking service jika mendapatkan rekomendasi layanan yang buruk.

2) Berikan Perhatian Khusus Kepada Pelanggan

Banyak bisnis tidak tahu tentang aturan 80/20. Ini adalah konsep bahwa 80% dari penjualan bisnis berasal dari 20% pelanggan. 20% pelanggan ini adalah pelanggan setia merek bengkel.

Seiring dengan layanan pelanggan yang memuaskan, ada cara lain yang dapat mengubah lebih banyak pelanggan menjadi pelanggan setia di bengkel. Cara sederhana untuk melakukan ini adalah dengan berterima kasih kepada pelanggan atas kepercayaan mereka. Ucapan terima kasih yang sederhana benar-benar akan membuat pelanggan mengingat bengkel Anda. Ini juga menunjukkan kepada pelanggan bahwa mereka sangat dihargai.

3) Penerapan Teknologi Software Bengkel

Hal pertama yang dapat dilakukan untuk memberikan pelanggan saat kunjungan yang optimal ke bengkel adalah inspeksi kendaraan dengan software scanner digital, sehingga service advisor dapat mengetahui dengan tepat kendala yang dihadapi dan bisa memberikan feedback yang baik kepada pelanggan termasuk dengan jenis suku cadang dan jasa serta estimasi biaya.

Selain itu, gunakan Software Bengkel untuk membantu mencatat semua aktivitas di bengkel mulai mendata pelanggan dan kendaraannya sehingga akan didapatkan rincian data historis yang sangat membantu layanan service kendaraan mereka di masa depan. Software Bengkel juga berperan penting dalam operasional mengelola stock suku cadang, mencatat beban pengeluaran sehingga kondisi bisnis bengkel dapat diketahui secara realtime.

4) Manfaatkan Media Sosial

Trend pelanggan saat ini adalah mereka selalu memantau dan melihat media sosial sebuah bengkel sebelum mereka mengambil keputusan membawa kendaraannya kesana. Maka, coba aktif di media sosial, bagian informasi dan edukasi mengenai otomotif, serta tampilkan progress perbaikan dan feedback dari pelanggan.

Media sosial juga merupakan alat yang hebat untuk mengatasi masalah pelanggan, komentar, atau menanggapi pertanyaan apa pun yang mungkin mereka miliki tentang layanan di bengkel. Berinteraksi dengan pelanggan secara online benar-benar membantu membangun kesadaran merek bengkel

5) Word of Mouth

Kebanyakan orang menemukan bengkel mobil mereka melalui iklan dari mulut ke mulut. Karena ini adalah bentuk iklan yang paling efektif, kuncinya bagi bengkel untuk menerapkan strategi ini. Pelanggan setia pasti akan merekomendasikan bisnis favorit mereka kepada teman dan keluarga mereka tanpa diminta.

Baca Juga : Manfaat Menggunakan Software Bengkel Mobil Berbasis Web

turboly.com