Strategi Meningkatkan Pengalaman Pelanggan di Toko Kosmetik

image

Industri produk kecantikan & ritel kosmetik akan terus berkembang seiring dengan meningkatnya permintaan kebutuhan akan perawatan, baik untuk make-up ataupun untuk perawatan kulit.

Dengan begitu banyak merek berbeda yang tersedia, perusahaan yang menjual kosmetik harus secara teratur memunculkan ide-ide baru untuk beradaptasi agar bertahan di antara persaingan market kosmetik dan menarik pelanggan baru. Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu dalam menarik pelanggan dengan menawarkan pengalaman pelanggan yang luar biasa.

MEMILIKI KARYAWAN YANG INFORMATIF DAN TERLATIH MEMBERKAN SARAN

Hal yang paling tidak nyaman saat berbelanja adalah ketika menanyakan informasi produk dengan karyawan atau pegawai toko yang tidak memiliki pengetahuan tentang produk yang mereka jual secara detail. Maka dari itu penting untuk melatih pegawai toko secara tepat dan memastikan mereka berpengalaman dalam produk kosmetik yang dijual. Pegawai toko yang kurang informasi sering kali menghasilkan loss sales. Misalnya, jika pelanggan meminta produk atau bertanya tentang fungsi produk dan pegawai tidak dapat menjawab, tentunya ini akan meninggalkan kesan yang buruk bagi pelanggan sehingga bisa saja mereka mengurungkan niat untuk berbelanja. Hal yang paling krusial yang terjadi toko akan kehilangan pelanggan dan menyebarnya feedback negatif tentang toko kosmetik akan pelayanan karyawan yang buruk.

BUAT TOKO MENARIK SECARA VISUAL

Kosmetik adalah produk tentang kecantikan, yang dimana toko ritel kosmetik harus mencerminkan hal ini dan harus memiliki nuansa segar juga menarik secara estetis bagi pengunjung toko ritel. Toko yang berkomitmen dengan kenyamanan pelanggan, biasanya akan menyediakan tempat khusus untuk konsultasi dan makeover yang dimana pelanggan dapat duduk dengan nyaman sekaligus mendiskusikan produk yang cocok untuk kebutuhan mereka. Semuanya harus ditampilkan dengan kesan mewah dan berikan pelayanan terbaik agar pelanggan merasa dimanjakan saat berada di toko, tata letak ruang harus diperhatikan dengan baik. Tentunya dengan pengalaman yang nyaman akan membuat mereka kembali berkunjung ke toko kosmetik dan meninggalkan feedback yang positif.

MILIKI WEBSITE INTERAKTIF & MEMAKSIMALKAN MEDIA SOSIAL

Dengan berkembangnya teknologi sebagian besar beralih ke era digital, sudah menjadi hal wajib bagi pelanggan sebelum membeli sebuah produk mereka akan membaca ulasan tentang produk yang akan mereka beli. Pasar konsumen saat ini sangat didominasi oleh influencer tidak terkecual kosmetik, maka toko ritel kosmetik juga harus mengikuti tren agar dapat menghasilkan hype yang tepat. Toko ritel kosmetik harus melakukan upaya extra agar dapat mengikuti tren, misalnya mengirim sampel gratis ke beberapa influencer terkenal dan meminta mereka untuk memposting ulasan setelah menggunakan produk, dengan begitu anda akan mendapat audiens sesuai target.

BUAT ACARA PELUNCURAN PRODUK DAN BUAT PROMO MENARIK

Industri kecantikan harus terus-menerus membuat kampanye menarik untuk meningkatkan penjualan dan menarik pelanggan baru. Misalnya, sebuah merek dapat mengatur acara dimana pelanggan dapat datang dan berinteraksi dengan makeup artist dan spesialis perawatan kulit. Dengan adanya event yang menarik akan dengan sendirinya akan menggiring rasa penasaran audiens, dengan begitu akan banyak audiens baru yang mulai mengikuti dan menjadi pelanggan tetap untuk merek Anda.

LIBATKAN PELANGGAN MENJADI DUTA MEREK ANDA

Banyak pelanggan membutuhkan rekomendasi saran dari rekan-rekan mereka ketika ingin membeli suatu produk apapun itu. Sudah terbukti bahwa melibatkan pelanggan sebagai aset untuk merekomendasikan produk yang kita jual kepada circle mereka itu cukup efektif meningkatkan penjualan suatu produk. Karena rekomendasi teman tentunya mereka akan lebih percaya daripada hanya melihat dari iklan berbayar.

GUNAKAN PROGRAM LOYALITAS UNTUK MENDAPATKAN PELANGGAN

Sekarang hubungan dengan pelanggan adalah yang sangat penting untuk dijaga, maka tidak heran banyak merek memiliki program loyalitas yang bertujuan agar pelanggan lama tetap merasa nyaman dan kita dapat menawarkan insentif untuk memastikan loyalitas mereka. Berikan diskon khusus terhadap pelanggan lama tentunya ini akan membuat mereka merasa puas dan dimanjakan oleh pelayanan toko kita. Tentunya atas kepuasan itu akan mendorong mereka untuk berbagi cerita dengan rekan dan keluarga mereka, ini akan membantu toko mendapat ulasan positif dari mulut ke mulut secara gratis. Sistem POS ERP Retail Kosmetik akan membantu Toko Ritel khususnya toko kosmetik untuk mengimplementasikan program loyalitas dengan maksimal, fitur program loyalitas dan membership dari sistem pos erp retail kosmetik memberikan banyak informasi data akurat terkait pelanggan seperti tgl lahir, data historis pembelian hingga ke produk preferensi mereka.

Baca Juga : Meningkatkan Penjualan Dengan Strategi Up Selling

turboly.com