Cara Memulai Bisnis Toko Ritel Kecantikan & Kosmetik

image

Toko ritel produk kecantikan atau toko kosmetik adalah bisnis yang memiliki masa depan yang menjanjikan dan memiliki segmen pasar yang luas diberbagai level. Bisnis ini bagus untuk dimulai dari lokasi mana saja termasuk online. Bisnis ritel kosmetik dapat bertumbuh dan menguntungkan meski di kota-kota kecil dan daerah pinggiran kota. Secara umum untuk memulai bisnis ini ada tiga opsi yang dapat kita terapkan.

  • Pertama, dapat meluncurkan merek sendiri.
  • Kedua, dapat memulai sebagai franchisee / kemitraan dari merek ritel kecantikan terkenal.
  • Dan terakhir, bisa memulai toko retail produk kecantikan online dengan modal investasi yang relatif kecil.

Namun, masing-masing dari setiap pendekatan memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Meluncurkan brand sendiri memungkinkan untuk mendapatkan margin keuntungan yang lebih baik dan ada kesempatan menawarkan waralaba di masa depan. Namun, harus bekerja keras untuk membuat model bisnis yang menghasilkan keuntungan dan merek yang populer.

Toko produk kecantikan online memiliki biaya investasi yang cenderung lebih kecil. Toko kecantikan waralaba memungkinkan kita dengan mudah menjalankan bisnis berdasarkan standar operasi dan sistem POS erp untuk retail kosmetik yang telah terbukti dari perusahaan pemilik merek (franchisor). Namun, margin keuntungan relatif lebih kecil.

Setelah mengetahui tiga opsi diatas, kita juga harus tahu bagaimana langkah-langkah agar toko kecantikan dan kosmetik dapat menghasilkan keuntungan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar toko ritel kosmetik dapat berkembang dan terus bertumbuh :

1. Menangkap Trend Permintaan

Pada tahap awal lakukanlah riset pasar secara detail dan kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai permintaan dan tren yang ada di pasar. Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memahami jenis kosmetik dan manfaatnya. Hal ini akan lebih mudah jika telah memiliki pengalaman sebelumnya di bisnis kosmetik atau minimal sebagai cosmetics enthusiast . Latar belakang ini akan selalu menjadi nilai tambah dan dapat menjadikan diri Anda sendiri menjadi Beauty Advisor produk yang Anda jual.

2. Tentukan Lini Produk Kecantikan

Kosmetik memiliki segmen yang luas. Jenis produk kosmetik memiliki banyak jenis mulai dari produk make up, produk rambut, produk kulit, dan beberapa produk kecantikan dan kesehatan lainnya. Ketika ingin memulai bisnis dibidang ini, disarankan untuk memulai dengan fokus pada segmen khusus. Seperti hanya produk make up atau hanya produk perawatan rambut.. Seiring pertumbuhan bisnis nantinya, dapat ditambahkan jenis produk baru dalam line up produk yang ada.

3. Buat Rencana Bisnis

Ini adalah langkah terpenting dalam meluncurkan bisnis retail kosmetik yang berhasil. Dalam perencanaan bisnis yang baik dapat membantu dalam mencapai tujuan bisnis jangka pendek dan jangka panjang sesuai blue print yang kita harapkan.

Menentukan target segmen secara matang. Tentukan strategi pemasaran dan promosi produk agar bisa bersaing dengan toko ritel kosmetik lainya. Terakhir, buat perencanaan keuangan dengan investasi modal, cashflow dan target ROI yang diharapkan.

4. Dapatkan Lokasi

Lokasi adalah hal yang penting dalam perencanaan bisnis kosmetik dan retail kecantikan, karena setelah menentukan target pasar kita harus memilih lokasi sesuai target pasar yang telah ditentukan agar bisa menggapai segmen pelanggan yang sudah kita tentukan. Dalam hal ini lebih baik untuk tahap awal melakukan sewa toko di lokasi strategis agar mengurangi investasi awal.

5. Design Toko Anda

Dalam setiap bisnis ritel, design toko merupakan salah satu faktor penting. Hal terbaik yang bisa dilakukan untuk mendapatkan konsep desain yang baik adalah konsultasi dengan desainer interior yang memiliki pengalaman dalam desain toko ritel kosmetik. Identifikasi ruang untuk display produk, Cashier counter, dan gudang. Selanjutnya, berkonsentrasi pada branding di dalam toko. Pertahankan toko yang bersih, agar pengunjung tetap nyaman saat berkunjung.

6. Aspek Operasional

Pilih nama yang menarik dan mudah diingat. Nama yang terkait dengan jenis produk yang kita jual. Selain itu, dalam penentuan harga juga harus kompetitif dengan kualitas produk yang baik. Salah satu faktor pendukung operasional yang tidak kalah penting toko ritel harus memiliki software retail point of sale (POS) pos erp untuk retail kosmetik yang akan membantu dalam operasional harian dan solusi stock hingga pencatatan akuntansi untuk menghasilkan laporan yang akurat.

7. Pekerjakan Karyawan

Mempekerjakan profesional dan karyawan yang berpengalaman. Namun, disarankan untuk mempekerjakan karyawan pria dan wanita. Terkadang pelanggan wanita lebih bersedia berinteraksi dengan eksekutif wanita. Pastikan, pelatihan produk yang tepat disediakan guna meningkatkan wawasan produk karyawan.

8. Promosikan Toko Ritel Produk Kecantikan dan Kosmetik

Untuk toko kecantikan dan kosmetik dengan segmen khusus, toko harus memiliki nilai jual yang berbeda dengan kompetitor. Apa yang membuat produk anda lebih baik ? Misalnya produk yang dijual terbuat dari bahan organik dan herbal, sehingga orang lebih tertarik dengan toko anda daripada kompetitor. Promosikan bisnis toko kecantikan melalui sosial media dan dapatkan banyak traffic dari sana. Jangan lupa untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Berikan penawaran diskon saat momen-momen spesial.

Itulah beberapa langkah-langkah yang dapat dilakukan saat ingin membuka toko ritel kecantikan dan kosmetik.

Baca Juga : Meningkatkan Penjualan Dengan Strategi Up Selling

turboly.com