Faktor Pendukung Keberhasilan Bisnis Franchise Bengkel

image

Mengelola bisnis franchise bengkel atau membuka bisnis bengkel dengan konsep kemitraan merupakan tantangan sendiri bagi head office sebagai franchisor. Dengan bisnis sistem waralaba atau franchise dipastikan akan mengelola usaha di banyak cabang dengan wilayah yang berbeda-beda.

Bisnis Bengkel franchise adalah konsep bisnis yang cukup berkembang sekarang, bisnis model yang dijalankan berdasarkan kesepakatan penerima franchise untuk menjual barang dan jasa bengkel dengan nama tertentu. Bisnis bengkel franchise saat ini tidak hanya menjamur untuk mobil melainkan juga untuk bengkel motor.

Dengan konsep kemitraan ini, franchisor akan memberi bantuan kepada franchisee berupa penggunaan nama bengkel, standarisasi proses operasional bengkel, standar perlengkapan bengkel, manajemen sumber daya manusia (SDM) khususnya untuk mekanik dan service advisor, hingga pengelolaan keuangan semua layanan ini sudah termasuk dalam biaya management fee yang dibayarkan franchisee. Benefit lain yang diterima oleh franchisor dalam bentuk royalty atau pembagian hasil sesuai kesepakatan.

Mengelola bisnis franchise bengkel bukanlah hal yang mudah dan selalu penuh tantangan, maka diperlukan fokus dan perhatian khusus untuk mencapai keberhasilannya. Berikut adalah faktor penting yang wajib dipenuhi untuk mencapai keberhasilan bisnis franchise bengkel.

Software Bengkel Online

Software bengkel online digunakan untuk mendukung transaksi, khususnya bisnis di sektor jasa bengkel. Aplikasi bengkel online ini dihadirkan agar proses transaksi mulai dari booking service, pembuatan perintah kerja, hingga service invoice bisa berjalan lebih efisien dan akurat dengan otomatisasi.

Jika sebelumnya bengkel menggunakan sistem point of sale (POS) yang hanya bisa mencatat transaksi penjualan, software bengkel online akan lebih tepat digunakan di bengkel franchise untuk memperoleh data transaksi penjualan yang lebih komprehensif dari setiap cabang termasuk dengan jenis kendaraan, pelanggan hingga mencatat data historis service dan reminder kepada pelanggan.

Pilih Software Bengkel Online yang lengkap bukan hanya untuk mencatat penjualan melainkan mencakup fungsi keseluruhan termasuk dengan Inventory Management dan Sistem Akuntansi.

Sistem akuntansi akan membantu menyediakan berbagai informasi keuangan setiap cabang dan head Office secara real time, termasuk laporan keuangan, pengelolaan stok inventory, dan pengelolaan aktiva tetap secara rinci.

Tak hanya itu, Sistem Akuntansi dari Sistem Bengkel Online juga dilengkapi aktivitas transaksi antara franchisor dan franchisee untuk proses penjualan dan pembelian berikut dengan pencatatan transaksi Account Receivable dan Account Payable. Khusus untuk bisnis franchise bengkel, Software Bengkel Online juga sudah dilengkapi dengan fungsi rekonsiliasi dan konsolidasi keuangan antar cabang juga mampu mendukung aktivitas bisnis franchise.

Strategi Marketing

Aktivitas pemasaran bisnis franchise bengkel harus dilakukan secara secara efektif, terutama dalam merilis informasi pembukaan cabang baru, paket promosi, hingga layanan partnership kemitraan baru. Strategi Pemasaran bisa dilakukan dengan 2 cara, konvensional dan digital melalui media sosial, email, maupun platform digital marketing lainnya.

Tim Marketing harus berada dibawah Head Office sebagai franchisor, untuk menciptakan standar promosi di semua cabang, dan harus benar-benar dikelola dengan baik sehingga manfaatnya bukan hanya dirasakan oleh franchisor namun juga memberikan manfaat bagi bengkel cabang yang dikelola franchisee.

Alat Kolaborasi

Menggunakan Teknologi sebagai alat kolaborasi yang dapat mendukung proses pembuatan dan pengiriman dokumen kerja ke cabang-cabang franchise secara praktis dan cepat. Alat kolaborasi ini umum kita ketahui seperti Google Workspace, Zoom, Hingga Ms Offce. Aplikasi-aplikasi yang mereka sediakan ini dapat digunakan sebagai pendukung seperti email, drive, dan calender. Hal ini tentu berfungsi mendukung aktivitas meeting diskusi jarak jauh para pengelola bisnis franchise dengan pemilik franchise secara simpel.

Software Bengkel Online tentu dibutuhkan, baik oleh pemilik franchise maupun pengelola franchise. Software Bengkel Online sudah mencakup sistem akuntansi berfungsi untuk mengelola dan mendapatkan kondisi keuangan dengan akurat sebagai dasar keputusan strategi bisnis yang tepat.

Baca Juga : Apa itu Akuntansi Franchise / Waralaba?

turboly.com