Kolaborasi Retail dan Supplier

image

Periode kelam selama pandemi covid-19 menimbulkan kendala distribusi barang pada periode 2020-2021 yang lalu, pada masa itu sektor retail sangat fokus untuk memastikan persediaan tetap tersedia. Salah satu langkah penting adalah bagi bisnis retail untuk menjalin hubungan kerjasama yang erat dengan supplier dan memprioritaskan hubungan kolaboratif di mana informasi dan data dibagikan lebih awal.

Supplier besar sering mengirim sales lapangan untuk berkunjung ke pelanggan mereka untuk memastikan ketersediaan stok. Namun, saat ini tidak lagi diperlukan karena teknologi Sistem ERP Distributor memangkas jarak dan menghasilkan informasi yang akurat untuk membuat forecasting demand, menerima sales order, dan memungkinkan berbagi data stok di gudang tanpa harus berada di tempat yang sama pada waktu yang sama.

Sistem ERP Distributor memungkinkan supplier bekerja sama dengan pelanggannya. Pelanggan dapat mengetahui stok produk di gudang distributor, dan distributor dapat membuat forecast jumlah permintaan dari setiap pelangganya. Sistem ERP Distributor sebagai portal kolaborasi dengan berbagi data real-time yang memberikan visibilitas rantai distribusi yang lebih luas dan memungkinkan kedua belah pihak untuk secara proaktif mengatasi potensi tantangan dan peluang bersama-sama.

Ketika bisnis retail memanfaatkan teknologi yang memprioritaskan kolaborasi dengan supplier, mereka membuka saluran informasi yang dapat memberikan keunggulan kompetitif. Dengan pengetahuan awal tentang ketersediaan dan masalah produksi, sehingga memiliki peluang lebih baik untuk menghindari kekurangan stok, meningkatkan perencanaan promosi, semuanya mengarah pada pengalaman pelanggan retail yang lebih baik. Peningkatan kolaborasi juga meningkatkan hubungan supplier-ritel; semakin baik hubungannya, semakin besar kemungkinan supplier dapat memprioritaskan permintaan pelanggan retailnya.

Ketika supplier dapat membuat keputusan penting dan mendapatkan informasi akurat tentang produksi, pelanggan retail dapat memastikan bahwa mereka mendapatkan produk yang mereka butuhkan untuk memenuhi permintaan pelanggannya. Pada akhirnya, ini semua memudahkan untuk alur distribusi barang sekaligus meningkatkan hubungan kerja jangka panjang.

Baca Juga : Plus Minus Menjadi Distributor Produk

turboly.com