Memaksimalkan Harga Frame untuk Memaksimalkan Profitabilitas Toko Optik

image

Jumlah frame atau bingkai kacamata di toko optik adalah stok yang terbanyak. Di toko optik besar bisa memiliki lebih dari 1000 stok frame dengan berbagai merk dan ukuran. Setiap merek frame kacamata akan ditata dan ditempatkan di papan display. Tujuan dari hal ini adalah meningkatkan persentase keberhasilan konversi pembelian pelanggan dengan memberikan pilihan yang lengkap.

Di sisi lain, jika jumlah stok dan variasi frame kacamata ini tidak dapat dimaksimalkan dengan baik maka akan menghambat perputaran modal. Makan perlu strategi jitu agar produk frame kacamata ini tetap menarik dimata pelanggan. Salah satu caranya adalah dengan menetapkan harga secara kompetitif namun tetap menguntungkan.

Setelah melakukan diskusi kepada banyak pelaku bisnis optik retail, kami dapat menyimpulkan beberapa strategi jitu yang bisa dipertimbangkan. Berikut adalah ulasannya :

Mengenali Kompetitor

Untuk mengenali kompetitor perlu : agen intelijen & modal. Sebagai agen intelijen coba minta salah satu staf toko optik untuk berbelanja di toko optik kompetitor Anda dan kumpulkan harga pada berbagai bingkai, sehingga dapat diketahui berapa harga yang mereka tetapkan untuk jenis frame kacamata yang sama. Dengan informasi tersebut maka kita dapat dengan tepat menetapkan berapa harga yang akan ditetapkan agar lebih menarik dibandingkan kompetitor. Untuk sebuah kompetisi harga, bermain di margin 15% sudah cukup menarik walaupun terkadang supplier/ principal brand sudah menerapkan harga pabrikan yang disarankan pada jenis bingkai, tetapi jika ketetapan dari principal brand ini tidak mengikat, maka bermain margin dalam penetapan harga jual frame kacamata di software untuk retail optik akan bebas kita terapkan untuk memenangkan kompetisi dengan kompetitor.

Harga Bertingkat

Jika di toko optik kacamata memiliki berbagai jenis dan kualitas kacamata. Tawarkan tingkatan harga frame kacamata di toko optik sesuai dengan kualitasnya. Hal ini mengharuskan staf di toko optik untuk mempelajari perbedaan kualitas, dan mengapa frame kacamata diberi harga yang berbeda, sehingga mereka dapat dengan cepat memberikan gambaran kepada pasien/ pelanggan tentang manfaat bingkai dengan harga lebih tinggi dan nilai bingkai dengan biaya lebih rendah.

Pertimbangkan Demografi Pasien/ Pelanggan

Jika toko optik melayani banyak kelas pekerja. Mereka cenderung menginginkan kacamata berkualitas baik namun cukup sensitif dengan harga. Ini tidak berarti bahwa pasien tidak mencari nama frame kacamata ber-merek, tetapi bagi sebagian besar pelanggan segmen ini harga adalah yang utama. Jika toko optik menyediakan produk frame kacamata berkelas, mungkin lebih cocok berada di area mall besar di tengah kota dengan segmen pelanggan yang lebih mapan dan tidak sensitif terhadap harga.

Tempel Tag Harga Dengan Jelas

Jika Toko Optik Kacamata menggunakan tag harga, saran kami pasang stiker transparan kecil yang menempel pada lensa dan memiliki label harga di atasnya. Ini memungkinkan pasien untuk mencoba frame kacamata tanpa lampiran di pelipis yang menghalangi. Pasien harus mengetahui harga bingkai ketika mereka melihat-lihat dan strategi ini membuat kesan toko optik lebih elegan.

Pelatihan Staff Untuk Upselling

Pelatihan staf di toko optik untuk menawarkan frame kacamata dalam tingkatan berdasarkan harga. Banyak pasien/ pelanggan memiliki kebutuhan kacamata berdasarkan resep kacamata dari dokter. Sebelum membahas manfaat, pastikan staf dilatih untuk memandu setiap pasien melalui tiga tingkatan bingkai, termasuk manfaat dari setiap tingkatan, dan nilai yang termasuk dalam harga. Hal ini memungkinkan pasien untuk sepenuhnya di edukasi tentang mengapa mereka ingin mengeluarkan uang lebih banyak untuk frame kacamata daripada jenis lensa dengan ukuran sesuai resep kacamata dari dokter. Biasanya strategi ini dapat bekerja dengan baik karena pasien cenderung membeli frame kacamata yang paling murah jika mereka tidak memahami manfaat dari frame kacamata yang berkualitas lebih baik.

Solusi Terbaik untuk Software ERP Optik Kacamata

Turboly Cloud ERP merupakan Software ERP Optik Kacamata terbaik di Indonesia yang telah sukses membantu bisnis optik yang menguntungkan.

Baca Juga : Teknik Penjualan Kacamata di Optik

turboly.com