5 Strategi Pemasaran untuk Mendominasi Bisnis Optik

image

Dunia bisnis yang begitu kompetitif, menciptakan strategi pemasaran toko optik terbaik merupakan elemen penting agar menjadi unggul dari toko optik lainnya, dan mendapatkan pasien baru.

Dibawah ini kami coba membahas beberapa strategi agar menonjol dari toko optik lain minimal di area lokal, menarik pasien dengan pendapatan lebih tinggi, dan meningkatkan penjualan frame branded, lebih banyak kacamata resep, dan lainnya.

1. Gunakan Branding yang Konsisten

Strategi pemasaran optik terbaik dimulai dengan tetap fokus pada pasien. Toko optik perlu memperluas komunikasi dan visibilitas semua segmen. Mulailah mengembangkan sebuah merek toko optik yang konsisten tapi tidak perlu terlalu masif di semua saluran pemasaran. Buatlah materi pemasaran edukatif dan menarik, tujuannya adalah agar pasien mengenal merek toko optik. Materi pemasaran seperti brosur, kartu nama, buletin optik, akun media sosial, dan lainnya harus memiliki pesan merek yang sama.

2. Manfaatkan Media Sosial

Pemasaran media sosial adalah salah satu strategi pemasaran paling sukses untuk banyak bisnis dan toko optik. Sama seperti nama toko optik, konsistensi dengan saluran media sosial. Pastikan tetap up-to-date di media sosial. Maka bersosialisasilah!

3. Tawarkan Kacamata Unik

Toko optik adalah tempat untuk memamerkan layanan seperti penggantian bingkai, pewarnaan lensa, perlengkapan lensa kontak, perbaikan, penyesuaian, dan banyak lagi. Selain memamerkan produk dan layanan, toko optik juga dapat membangkitkan minat pasien pada produk dan menjual kacamata unik yang ditawarkan. Buat toko optik nyaman bagi pasien untuk melakukan pembelian. Toko Optik yang menarik dan nyaman juga akan membuat toko optik menonjol dari kompetitor lokal.

4. Jalin Komunikasi dengan Pasien Optik Secara Rutin

Media komunikasi email dapat menciptakan peluang penjualan untuk toko optik. Strategi ini dapat mengarah pada perolehan pasien baru, menciptakan loyalitas dengan pasien yang sudah ada, meningkatkan pendapatan rata-rata per pasien, dan mengurangi biaya pemasaran secara keseluruhan.

5. Buat Desain Website Optik yang Menarik

Tahukah Anda bahwa hanya perlu waktu yang singkat bagi pengguna untuk menentukan apakah mereka akan betah berlama-lama menelusuri situs web optik atau tidak? Situs web toko optik harus dirancang untuk menampilkan layanan, spesialisasi, kacamata, tim, dan lokasi toko. Apakah gaya pasien Anda lebih ke intelektual modern, hipster, atau vintage, situs web harus menonjolkan gaya kacamata berbeda yang sesuai dengan segmen pasien. Teknologi terkini dengan Artificial Intelligent (AI) bahkan diterapkan sebagai media uji coba virtual di mana pasien dapat menggunakan smartphone atau webcam mereka untuk mencoba semua kacamata sesuai kebutuhan mereka.

Turboly Optical & Eyewear adalah solusi software untuk retail optik yang membantu toko optik dan kacamata mengelola dan memaksimalkan efisiensi kebutuhan pelanggan. Solusi inventory manajemen Turboly kuat, efisien, dan mudah digunakan karena telah dirancang dengan berdasarkan pengalaman optician.

Baca Juga : Manfaat Garansi Kacamata

turboly.com