Bagaimana Toko Ponsel Dapat Mengelola Persediaan

image

Untuk penjual ponsel, Turboly Cloud ERP memiliki fitur khusus yang memenuhi kebutuhan manajemen persediaan khusus ritel dan distributor ponsel. Manajemen inventory dan stock sudah mencakup memasukkan stok ponsel ke dalam sistem, melacak setiap stok & IMEI ponsel yang terjual, dan membuat keputusan berdasarkan informasi dan laporan penjualan dan inventory.

IMEI dan Nomor Seri Membuat Setiap Perangkat Ponsel Unik

Alasan mengapa manajemen persediaan ponsel berbeda dari jenis produk lainnya adalah karena setiap set ponsel memiliki IMEI dan nomor seri yang unik. Artinya, saat memasukkan stok satu model ponsel merek tertentu, harus diikuti dengan memasukkan nomor seri atau nomor IMEI setiap unit.

Turboly Cloud ERP membuat proses ini menjadi lebih mudah. Dalam ulasan singkat ini, kami akan menunjukkan bagaimana dapat memasukkan stok ponsel di Turboly Cloud ERP dan mengelola IMEI atau nomor seri setiap set ponsel.

Definisikan Produk Ponsel (SKU)

Langkah pertama adalah menentukan model dan merek ponsel tertentu di Turboly Cloud ERP. Buka modul product, dan masukkan informasi produk

Konfigurasikan Candela untuk persediaan Berseri Untuk dapat memastikan bahwa produk ponsel unik, maka di SKU wajib diaktifkan konfiguras produk serial atau nomor IMEI setiap SKU ponsel. Sekarang sistem sudah membaca bahwa SKU ponsel wajib memiliki indentitas unik yaitu no seri / IMEI.

Setelah SKU setiap model ponsel sudah dibuat dan di konfigurasi, langkah berikutnya siap untuk memasukan stok melalui modul pembelian inventory.

Misalnya, jika pembelian dilakukan untuk 5 unit ponsel model tertentu. Saat 5 unit tersebut diterima, Turboly Cloud ERP akan memberikan warning untuk memasukkan 5 No Seri atau IMEI sebelum produk ponsel bisa dijual atau ditransfer ke toko / gudang. Proses memasukan No Seri/ IMEI bisa melalui scanner barcode hingga upload file menggunakan excel.

Jika ada dua nomor IMEI, seperti untuk ponsel dengan SIM ganda, jangan lupa untuk memasukan 2 nomor seri tersebut. Turboly Cloud ERP sudah memiliki keamanan ganda, jadi tidak dapat memasukkan angka lebih dari jumlah produk. Jadi jika telah menerima 5 unit, maka sistem hanya akan mengizinkan memasukkan lima No Seri/ IMEI, satu untuk setiap unit.

Saat menjual ponsel, cukup scan IMEI atau nomor seri perangkat seluler di kolom No Seri/ IMEI pada layar penjualan & pengembalian di Point of Sale (POS)

Terakhir, kamu bisa mengecek stok barang yang terjual beserta nomor IMEI-nya

Melacak nomor IMEI dari semua perangkat seluler baik dalam stok atau dijual adalah penting. Dengan fitur persediaan serial Turboly Cloud ERP, penjual ponsel dapat dengan mudah memasukkan stok dan melacak stok dan penjualan.

Dengan solusi terukur dari Turboly, bisnis dapat bertumbuh secara alami. Fitur multi-toko berbasis cloud membantu Anda mengelola semua toko Elektronik, Komputer & Ponsel Anda sekaligus sekaligus menginformasikan strategi yang tepat untuk keberhasilan masing-masing lokasi.

Baca Juga : Promosi Cashback, Bagaimana Cara Kerjanya?

turboly.com