Promosi Cashback, Bagaimana Cara Kerjanya?

image

Ada banyak pendekatan dalam memberikan diskon kepada pelanggan, tetapi selama bertahun-tahun, telah terbukti bahwa jenis penawaran “potongan harga” ini tidak selalu merupakan cara terbaik untuk mendorong penjualan sebuah produk. Faktanya, terlalu banyak diskon dapat mempengaruhi persepsi produk dan mengakibatkan image murah pada suatu merek atau produk. Jadi, untuk menghindarinya, sebaiknya lakukan pendekatan yang lebih strategis dan menawarkan berbagai jenis promosi kepada pelanggan. Misalnya, promo cashback adalah strategi yang dapat berdampak sangat positif pada penjualan, pangsa pasar, dan loyalitas pelanggan.

Tapi bagaimana cara kerjanya?

Ide di balik promosi cashback sebenarnya sederhana namun efektif. Konsumen membeli barang promosi dan kemudian mengklaim kembali persentase dari apa yang mereka bayarkan.

Mari kita periksa lebih detail. Pelanggan mengajukan rebate/ pengembalian setelah pembelian dan setelah pengajuan mereka valid dan sesuai kriteria yang ditetapkan dalam syarat dan ketentuan, uang tunai akan dikirimkan kembali kepada mereka. Ada banyak cara untuk memberikan cashback kepada pelanggan seperti kartu kredit hingga e-wallet.

Dari sisi penjualan, promosi cashback membantu mendorong penjualan, mendapatkan pelanggan baru, dan mendapatkan penjualan langsung dari nilai tambah yang dapat diberikan. Promosi bisa menjadi faktor penentu bagi pelanggan untuk memilih antara produk Anda dan kompetitor. Yang terpenting, jika konsumen memiliki pengalaman positif dengan produk dan merek Anda, ini adalah peluang besar bagi untuk membangun hubungan pelanggan dan mendorong loyalitas konsumen.

Promo Cashback terbukti populer di kalangan konsumen karena berbagai alasan. Cashback memberikan benefit bukan hanya kepada pelanggan setia tapi juga sekaligus menarik konsumen baru. Pelanggan saat ini dapat terus membeli merek pilihan mereka dan menerima benefit cashback. Cashback akan menambah nilai dari sebuah transaksi dan faktanya, penelitian yang dilakukan oleh The Center for Generational Kinetics menemukan bahwa sebuah produk dan merek yang menawarkan kepada konsumen minimal 5% cash back instan akan mendapatkan dampak penjualan yang lebih besar.

Bukan hanya konsumen yang diuntungkan. Promosi cashback memperoleh keunggulan kompetitif dengan menawarkan insentif finansial tanpa risiko mengurangi citra merek / produk. Promo Cashback memberikan peluang besar untuk meningkatkan pendapatan dan meningkatkan awarenes akan suatu produk & merek. Selain itu, promo cashback juga bisa diartikan bahwa kita memberikan penghargaan kepada pelanggan. Promo cashback ini juga dengan mudah dapat disetup bersama dengan diskon di sistem point of sale (POS).

Keuntungan utama lainnya yang ditawarkan promosi cashback adalah dapat dijalankan di segmen apa pun, dalam bahasa apa pun, dan dengan mata uang apa pun. Promosi dapat membangun hubungan yang kuat dengan basis pelanggan dan cocok juga diterapkan untuk pasar B2C dan B2B.

Promosi cashback juga membantu mengumpulkan data pelanggan yang berharga dan membuka jalan untuk pemasaran kepada pelanggan yang sudah terlibat dengan produk atau merek tersebut. Pelanggan memberikan informasi spesifik saat menggunakan cashback dan informasi ini dapat lebih lanjut dapat digunakan lebih dalam untuk menyusun promosi dan manajemen hubungan pelanggan di masa mendatang.

Sistem Retail untuk Toko Ponsel dan Elektronik Turboly

Sistem Retail untuk Toko Ponsel dan Elektronik Turboly adalah sistem retail & wholesale (B2B) untuk bisnis ponsel dan produk elektronik. Dengan fitur product management yang memiliki fitur program cashback & diskon, Turboly menjadi sebuah alat manajemen bisnis yang diperlukan termasuk manajemen hubungan pelanggan, keuangan dan akuntansi dan laporan yang variatif untuk pendukung keputusan.

Baca Juga : Perbedaan Cashback dan Diskon

turboly.com