Meningkatkan Penjualan Kosmetik

image

Bundling penjualan produk kosmetik adalah strategi memasukkan dua atau lebih produk dengan produk utama yang dijual. Termasuk produk diskon & kit set. Produk Bundling seringkali meningkatkan nilai yang dirasakan dari produk yang kita tawarkan.

Keuntungan dari bundling

Bundling adalah strategi kompetitif yang memberikan kesempatan untuk menetapkan item produk pada harga yang lebih tinggi dan meningkatkan keuntungan. Strategi produk bundling juga dirasakan hemat biaya karena akan memakan waktu singkat untuk mengambil dan mengemas menjadi satu, dan bagi retail kosmetik online juga akan menghemat biaya karena tidak perlu mengirim barang secara terpisah, yang menurunkan biaya pengiriman. Bundling juga meningkatkan jumlah pelanggan yang dapat dijangkau. Oleh karena itu, produk bundling dapat menumbuhkan target pasar. Para kompetitor juga akan merasa lebih sulit untuk menganalisis data penjualan karena harga pada produk secara rinci sulit untuk dilacak. Produk Bundling juga dapat berfungsi sebagai media promosi iklan untuk merek dan produk secara keseluruhan. Dalam hal ini mungkin ada pelanggan yang hanya berfokus pada harga, dan tidak terlalu peduli dengan loyalitas merek. Produk bundle juga dapat memanfaatkan beberapa produk yang slow moving dan jumlah stok yang menumpuk di gudang yang mengakibatkan biaya penyimpanan tambahan. Dengan strategi bundle, maka produk-produk ini bisa kembali bergerak dan menghemat ruang penyimpanan, menambah nilai pada produk utama dan masih mendapatkan pendapatan dari produk yang pada dasarnya susah dijual.

Cara bundling

Ada beberapa jenis metode bundling, dan masing-masing memiliki dampak yang berbeda terhadap penjualan dan pendapatan. Pastikan untuk menghitung angka sebelum menggabungkan untuk memastikan margin keuntungan yang sama atau lebih tinggi. Mari telusuri berbagai teknik bundling untuk mengidentifikasi apa yang terbaik untuk sebuah produk kosmetik.

Bundling adalah cara terbaik untuk menjual produk utama dengan produk pelengkap. Dengan menggabungkan beberapa produk pelengkap yang sering dibeli bersama, maka dapat menawarkan kesepakatan yang lebih baik kepada pelanggan, dan meningkatkan pendapatan. Selain itu, strategi bundling juga akan memberi pelanggan berbagai pilihan untuk mencoba produk yang lain dan siapa tahu mereka cocok dan bisa menjadi pelanggan tetap. Cara lain untuk produk bundling adalah dengan produk rekomendasi saat mereka melihat produk utama yang mereka cari. Dengan cara ini mereka masih bisa mendapatkan banyak saat membuat kombinasi bundle mereka sendiri. Buat hidup lebih mudah bagi pelanggan dengan rekomendasi produk terkait yang mungkin mereka butuhkan. Jenis bundling ini dikenal sebagai “mixed bundling”.

Bagaimana mengidentifikasi peluang bundling produk

Saat telah memutuskan bahwa strategi produk bundling akan diterapkan, perlu tahu apa yang harus dibundel dengan produk utama. Pastikan bahwa itu relevan dengan produk utama, atau relevan dengan pelanggan. Cara melakukannya adalah dengan melacak perilaku pelanggan di toko ataupun di online. Jenis produk apa yang biasanya dibeli atau dicari pelanggan bersama-sama? Data berharga ini akan memberi indikasi yang sangat baik tentang minat pelanggan, dan produk mana yang paling saling melengkapi. Dengan merek perawatan kulit, misalnya, pelanggan sering memilih untuk menggunakan merek yang sama untuk semua kebutuhan produk perawatan kulit mereka, karena ada loyalitas pelanggan yang besar untuk jenis produk ini. Terapkan keahlian tim di lapangan untuk melihat produk mana yang akan saling melengkapi.

Lakukan dengan benar

Bundling mungkin gagal dengan item tambahan yang salah dan membuat kehilangan pelanggan karena pesaing dengan opsi bundling yang lebih relevan atau bahkan pesaing yang tidak menjual bundel. Dengan produk yang tepat, bundling adalah cara mudah untuk menawarkan produk baru yang melengkapi. Produk bundle hemat biaya dan menumbuhkan target pasar. Dengan strategi kompetitif dan akurat maka dapat dengan mudah menjual lebih banyak daripada kompetitor jika dilakukan dengan benar.

Sistem Retail Kosmetik Turboly

Sistem Retail Kosmetik Turboly adalah sistem retail untuk bisnis kosmetik dan produk kecantikan yang kuat yang mencakup Sistem Point of Sale (POS), Produk Management, Inventory Management dengan batch & expiry date serta alat manajemen bisnis yang diperlukan termasuk manajemen hubungan pelanggan, keuangan dan akuntansi dan laporan yang variatif untuk pendukung keputusan.

Baca Juga : Meningkatkan Penjualan Dengan Strategi Up Selling

turboly.com