Menyeimbangkan Stok Persediaan di Industri Kosmetik

image

Industri kosmetik yang terus berkembang hadir dengan serangkaian tantangannya sendiri terkait manajemen rantai distribusi dan logistik. Seiring dengan masalah rantai distribusi yang khas tentang keberlanjutan dan kualitas, industri kosmetik harus mengikuti permintaan pelanggan yang berubah dengan cepat, dan menyediakan berbagai macam produk yang sesuai untuk semua konsumen. Semua hal ini mempengaruhi semua aspek termasuk pemasaran, pengemasan, penyimpanan, dan perkiraan permintaan harus berjalan secara efisien agar merek dapat berkembang dalam industri yang kompetitif.

Rantai distribusi kosmetik memiliki peran kunci dalam manajemen stok inventory dalam keberhasilan proses manufaktur hingga penjualan, menciptakan keseimbangan keduanya membutuhkan manajemen inventory dan logistik yang terampil.

Pemasaran dan Manufaktur

Pemasaran memainkan peran penting dalam setiap industri berbasis konsumen, tetapi banyak produsen mengabaikan hal penting ini. Tarik ulur antara manufaktur/logistik dan pemasaran komersial dapat digunakan untuk keuntungan perusahaan dengan mengintegrasikan keduanya.

Manufaktur dan logistik bekerja dengan penelitian dan pengembangan untuk memahami, melaksanakan, dan memenuhi permintaan pelanggan. Di sisi lain, pemasaran tahu bagaimana menarik permintaan dan tren saat ini. Dengan bekerja sama, keduanya dapat menghasilkan produk berkualitas yang menjual.

Kunci untuk menemukan keseimbangan antara pemasaran dan manufaktur adalah menciptakan komunikasi yang transparan antara upaya pemasaran dan kuota manufaktur. Dalam hal stok inventory, komunikasi yang jelas dan real-time dapat menawarkan indikator logistik utama dan produksi dapat ditingkatkan atau dikurangi sesuai permintaan. Hal ini pada gilirannya dapat memberikan informasi kepada penjualan untuk menawarkan diskon produk, menunjukkan produk mana yang tidak berkinerja baik, dan pada akhirnya mengurangi biaya penyimpanan.

Menyeimbangkan Pemasaran Segmentasi dan Massal

Karakteristik yang berbeda dari industri kosmetik adalah kebutuhan untuk menyediakan berbagai target pasar. Memilih antara menyediakan produk yang berbeda ke segmen tertentu, atau menjual ke pemasaran massal. Dalam hal logistik dan profitabilitas rantai distribusi, tidak ada pilihan yang ‘tepat’.

Fokus pada produk di segmen tertentu bisa sangat bervariasi dari menyimpan produk konsumen hingga retail umum, produk “mahal” hingga department store, perlengkapan kecantikan hingga salon, dan dokter kulit. Ini jelas menciptakan kebutuhan akan manajemen rantai distribusi yang lebih ketat karena produk ini perlu diproduksi dan dipasarkan dengan cara yang berbeda. Dari sisi stok inventory, distribusi di segmen tertentu mungkin melibatkan stok dari berbagai sisi rantai distribusi, oleh karena itu mengelola stok inventory adalah kunci keberhasilan.

Di sisi lain, memasok ke pasar massal memiliki masalah logistiknya sendiri. Dengan melakukan distribusi semua retail cosmetics dan toko kosmetik (offline & online) dengan seluruh rangkaian produk yang tersedia, pemasaran produk mungkin menjadi lebih mudah secara strategis, tetapi dari sisi manufaktur untuk memenuhi permintaan dapat meningkat. Kunci untuk berhasil menjalankan salah satu strategi pemasaran adalah memahami kebutuhan pelanggan retail. Keseimbangan antara memuaskan pelanggan dan menyadari batas manufaktur produksi serta ukuran dan ruang lingkup bisnis adalah kunci keberhasilan manajemen. Sumber rantai distribusi yang tepat dan mengkonsolidasikan inventory untuk menciptakan proses manufaktur yang efisien akan membantu kebutuhan pemasaran dan menjaga stok inventory pada tingkat yang dapat dikelola.

Keberlanjutan, Pengemasan, dan Penyimpanan

Kata kunci yang beredar di sekitar industri berbasis konsumen adalah ‘keberlanjutan’. Tekanan untuk mengakui dampak global ini menarik bagi konsumen, yang melihat ini sebagai ukuran integritas merek. Dengan memungkinkan transparansi dalam rantai distribusi dan proses manufaktur, tujuan keberlanjutan akan mengalir dari produk ke budaya perusahaan hingga kepuasan pelanggan.

Bagian penting dari praktik bisnis berkelanjutan adalah membuat kemasan. Pengemasan memainkan peran besar dalam industri kosmetik, memberikan tujuan bercabang untuk melindungi produk dan menyampaikan informasi produk kepada konsumen. Memilih kemasan yang lebih simple, tapi tanpa mengabaikan daya tarik pemasaran. Dorongan untuk pengemasan yang inovatif dan penggunaan bahan yang berkelanjutan dapat menjadi sifat yang menarik bagi pelanggan potensial. Menemukan keseimbangan antara individualitas dalam bentuk dan ukuran produk dan menyediakan standarisasi untuk kemudahan transportasi adalah penting untuk menjaga kemudahan manajemen stok persediaan.

Turboly Cloud ERP dirancang khusus untuk bisnis produk kosmetik dan kecantikan. Memberikan kemampuan untuk mencatat supplier dan melacak barang yang mereka sediakan secara spesifik. Mengelola persediaan kosmetik menjadi lebih sederhana dari sebelumnya dan lebih akurat. Laporan Pembelian dan Penjualan memberikan informasi yang yang tepat terkait permintaan dan kebutuhan.

Baca Juga : Strategi Meningkatkan Pengalaman Pelanggan di Toko Kosmetik

turboly.com