3 Langkah Sukses Mengelola Toko Ban

image

Banyak hal yang harus dilakukan untuk membangun bisnis ban yang sukses, dan meskipun tidak ada rumus yang 100% sempurna yang akan menjamin kesuksesan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencapai kesuksesan retail toko ban selain pengetahuan teknis.

Berikut adalah 3 hal non teknis yang penting dilakukan saat mengelola bisnis retail otomotif toko ban:

Memiliki Karyawan yang Tepat

Karyawan adalah ujung tombak interaksi utama dan pertama dengan konsumen. Keputusan saat perekrutan awal karyawan akan berdampak signifikan pada kesuksesan toko ban.

Saat proses perekrutan diberbagai posisi baik itu untuk posisi sales, customer service, administrasi hingga mekanik perlu melihat lebih dari sekadar keterampilan dan pengalaman mereka. Perlu juga mencari pelanggan yang memiliki fokus orientasi pelanggan yang kuat, keterampilan komunikasi yang baik, fleksibilitas, dan sikap positif terhadap pekerjaan mereka .

Fokus Pada Layanan Pelanggan

Setiap toko ban yang sukses bergantung pada proses membangun basis pelanggan loyal dan layanan pelanggan yang berkualitas adalah satu-satunya cara untuk melakukannya.

Pengalaman yang dimiliki setiap pelanggan saat mereka datang ke bengkel atau toko ban sangat menentukan apakah mereka akan datang kembali atau tidak. Setiap aspek mulai dari kecepatan layanan dan seberapa baik staf berkomunikasi, hingga presentasi bengkel, stok dan variasi merek, strategi penetapan harga, dan penawaran atau paket khusus apa pun yang tawarkan akan mempengaruhi persepsi pelanggan terhadap toko ban. Pada akhirnya apakah mereka memutuskan akan kembali lagi dimasa depan atau tidak.

Berinvestasi Pada Program Bengkel

Aspek administratif menjalankan toko ban dapat memakan banyak waktu, dan ketika bisnis mulai berkembang, akan sampai waktunya mendapati bahwa bisnis akan lebih mengandalkan program bengkel / aplikasi bengkel online untuk dapat mencapai tujuan.

Idealnya, Toko Ban memerlukan satu aplikasi bengkel online yang menggabungkan semua fungsi utama termasuk sistem service order, estimasi biaya, sistem work order hingga database manajemen pelanggan termasuk manajemen kendaraan, inventory, laporan kinerja mekanik hingga pencatatan biaya dan keuangan (arus kas).

Program Bengkel Turboly merupakan software erp bengkel yang ibuat khusus untuk mendukung bisnis otomotif termasuk bengkel, yang akan akan membuat setiap elemen bisnis toko ban berjalan lancar dan efisien.

Baca Juga : Tips Memilih Bengkel Service Mobil

turboly.com