4 Alasan Mengapa Software ERP Krusial Bagi Bisnis Otomotif

image

Industri otomotif sangat membutuhkan banyak sumber daya dan manajemen, alat apa pun yang dapat merampingkan dan membawa efisiensi dalam operasi kerja dan manajemen dapat secara signifikan mengurangi biaya internal dan akan membuat seluruh bisnis inti menjadi lebih ramping. Dalam istilah yang lebih sederhana, bisnis otomotif dapat dengan mudah mengelola berbagai aspek perusahaan seperti mengelola inventory di beberapa outlet, melacak kinerja setiap karyawan, melihat laporan bisnis keseluruhan. Secara keseluruhan, ERP dapat memberikan kemampuan untuk memantau, melacak, dan mengelola seluruh bisnis dengan satu sistem yang bahkan dapat diakses dari manapun dengan Software ERP Bengkel Berbasis Cloud.

Dan berikut adalah beberapa manfaat Software ERP Bengkel dalam bisnis otomotif.

1. Kolaborasi Antar Bagian Untuk Menghasilkan Kerja Tim yang Efektif:

Salah satu manfaat utama software ERP dalam industri otomotif dapat mengurangi biaya operasional di perusahaan. Karena itu, seluruh operasi bisnis dapat dipantau dari melalui satu sistem. Software ERP secara signifikan akan memudahkan akses data antar bagian tanpa perlu posting ulang di setiap bagiannya, karena masing-masing bagian sudah terkait dan terhubung satu dengan yang lainnya sehingga manajemen menjadi lebih efisien.

2. Manajemen dan pelacakan bisnis yang lebih baik :

Sistem ERP merangkum seluruh aktivitas bisnis secara efisien. Semua pekerjaan yang dilakukan berbagai departemen sudah dicatat dan di rangkum oleh sistem ERP secara otomatis. Data seperti laporan pendapatan, laporan keuangan, laporan penjualan, tingkat stok dll dapat diakses dengan mudah. Hal ini memungkinkanpengukuran kinerja menjadi lebih akurat. Dengan software ERP yang dapat diakses dari website online sangat memungkinkan top level manajemen ataupun manajer memantau aktivitas bisnis kapan saja dan dimana saja secara realtime.

3. Peningkatan Produktivitas Kerja:

Sistem ERP pada dasarnya merubah semua proses bisnis manual menjadi digital, cara ini akan lebih efektif untuk mengurangi waktu yang dibutuhkan dalam melakukan pekerjaan rutin seperti membuat estimasi biaya service, mengukur waktu kerja mekanik, stock opname inventory hingga melakukan posting ulang transaksi dari beberapa sistem ke sistem akuntansi. Dengan software ERP semuanya dapat ditampung melalui satu sistem secara otomatis sehingga dapat meningkatkan efisiensi waktu dan produktivitas karyawan.

4. Manajemen Inventory yang Efisien:

Salah satu alasan utama untuk mengimplementasikan software ERP dalam industri Otomotif adalah untuk mengelola manajemen Inventory yang efektif. Sistem ERP mengubah manajemen inventory manual menjadi komputerisasi, sehingga staf gudang tidak perlu melakukan pekerjaan berulang dalam mengelola stok inventory. Sistem ERP secara otomatis melacak pergerakan inventory, sehingga Reorder Point dapat ditentukan dengan akurat. Dengan cara ini, staff gudang dapat fokus pada tugas penting lainnya dibandingkan menghabiskan banyak waktu melakukan pekerjaan secara manual.

Program bengkel Turboly menjadi solusi bisnis bengkel otomotif, manajemen persediaan, keuangan dan akuntansi cukup fleksibel yang dirancang khusus untuk industri kendaraan bermotor dan penjualan suku cadang untuk semua jenis bengkel otomotif.

Baca Juga : 3 Manfaat Penting Servis Mobil Secara Rutin

turboly.com