5 Tips Memilih Lokasi Yang Tepat Untuk Bisnis Otomotif

image

Menjalankan bisnis otomotif bisa menjadi prospek yang sangat menarik. Bisnis otomotif seperti bengkel mobil atau bengkel spesialis AC memiliki banyak peluang yang menyertainya, dengan banyaknya populasi mobil di kota-kota besar seperti Jakarta maka kebutuhan akan service rutin dan berkelanjutan memiliki pasar yang sangat besar.

Jika saat ini Anda mencoba mendirikan bisnis otomotif baru, lokasi tempat sangatlah penting, karena dapat menjadi faktor pembeda yang perlu dipertimbangkan. Berikut adalah beberapa tips penting untuk dipertimbangkan saat memutuskan lokasi bisnis otomotif.

Kenyamanan

Untuk bisnis otomotif, hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah segmen konsumen yang diharapkan dan pikirkan akses ke lokasi bengkel untuk memudahkan mereka mencapai bengkel dan mudah saat kondisi kendaraan perlu ditinggal. Sebuah coffee shop kecil atau tempat makan terdekat juga bisa berfungsi sebagai ruang tunggu alternatif bagi mereka yang hanya perlu menunggu beberapa jam sampai pekerjaan mereka selesai.

Cek Aturan Lokasi

Area tertentu telah menetapkan zona, yang berarti bahwa zona tersebut hanya dimaksudkan untuk jenis usaha tertentu. Area yang ingin dibangun mungkin tidak kondusif untuk bisnis seperti bisnis otomotif, terutama jika area tersebut adalah perumahan. Jadi, memastikan area yang dipilih dikategorikan untuk jenis pekerjaan yang akan dilakukan sangatlah penting.

Cek Kompetitor di lokasi sekitar

Berhati-hatilah jika lokasi yang dipilih cukup populer, ada kemungkinan persaingan tinggi. Cari tahu berapa banyak pesaing yang akan dihadapi. Sebisa mungkin, cobalah untuk memastikan bahwa tidak ada bisnis yang bersaing dalam jarak yang dekat dari lokasi bengkel.

Ukuran dan biaya fasilitas

Saat mencari tempat, harus mempertimbangkan jenis pekerjaan apa yang akan dilakukan, dan jenis peralatan yang perlukan. Hal ini terkait dengan ukuran fasilitas yang dibutuhkan untuk bisnis, yang dapat menampung semua peralatan bengkel. Tentunya karena ini akan berdampak langsung pada biaya, maka dari itu perlu tahu persis berapa banyak investasi yang perlu dikeluarkan.

Lokasi Prestise

Jika lokasi yang dipilih terletak di pusat kota atau pusat bisnis yang terkenal, kemungkinan besar bengkel akan menarik banyak pelanggan. Lokasi prestisius lebih cenderung memberikan rasa reputasi dan bisnis yang baik. Hal ini juga memungkinkan untuk memberikan layanan premium, karena Anda beroperasi di lokasi premium dan menawarkan layanan terbaik kepada konsumen.

Memulai bisnis di industri otomotif, khususnya sebagai bisnis bengkel mobil, bengkel motor atau bengkel spesialis lainnya, memiliki banyak ruang untuk fleksibilitas. Jadi, pastikan untuk memutuskan dengan tepat model bisnis seperti apa yang dituju.

Program bengkel Turboly menjadi solusi bisnis bengkel otomotif, manajemen persediaan, keuangan dan akuntansi cukup fleksibel yang dirancang khusus untuk industri kendaraan bermotor dan penjualan suku cadang untuk semua jenis bengkel otomotif.

Baca Juga : 3 Manfaat Penting Servis Mobil Secara Rutin

turboly.com