Alasan Kenapa Toko Optik Membutuhkan Sistem ERP

image

Saat ini, kacamata bukan hanya sekedar kebutuhan dalam medis tapi sudah menjadi trend mode seiring dengan berkembangya trend fashion , kacamata dianggap oleh konsumen sebagai salah satu cara untuk dapat mengekspresikan gaya mereka. Sehingga, hal ini bisa menjadi sebuah tantangan dan peluang bagi toko optik untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin meningkat.

Tanpa sebuah Sistem Manajemen yang baik mungkin bagi toko optik kacamata akan kesulitan menghadapi perubahan trend ini. Dengan proses kerja manual seperti menggunakan excel dan catatan manual lainya termasuk untuk menjalankan program marketing. Menggunakan sistem kerja konvensional akan menimbulkan masalah di kemudian hari.

Toko optik yang menjual berbagai jenis kacamata, frame dan menerima resep dari konsumen, tentunya akan membutuhkan satu sistem terpusat untuk menyimpan data secara akurat. Solusi sistem ERP yang menyimpan semua informasi dalam satu database dan dapat diakses secara realtime akan memaksimalkan potensi bisnis toko optik dan mempermudah manajemen dalam membuat strategi, dan mempercepat dalam merespon trend pasar.

Inilah alasan mengapa toko optik kacamata membutuhkan Sistem ERP :

1. Kelola Kompleksitas Produk

Kacamata memiliki banyak jenis mulai dari frame, softlens dan lensa kacamata itu sendiri. Dengan kompleksitas seperti itu, menjalankan bisnis toko optik dan dikelola secara konvensional dengan spreadsheet akan sulit untuk mengembakan bisnis. Solusi terbaik menjawab tantangan itu adalah sistem ERP, semua informasi seperti stok, kategori produk dan resep pelanggan dikumpulkan dalam satu sistem dan setiap bagian internal dapat mengakses data yang dibutuhkan.

2. Biaya Inventory Lebih Rendah

Dalam setiap bisnis menjaga keseimbangan inventory adalah hal yang perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari. Dengan sistem ERP yang menyimpan semua history mulai dari pembelian produk ke supplier hingga penjualan, semuanya didokumentasikan secara akurat dan jelas. Sehingga data tersebut dapat dijadikan sebagai acuan dalam penyeimbang stok produk, dengan ini toko optik dapat menghindari oversupply.

3. Cepat Merespon Trend Pasar

Kunci keberhasilan setiap bisnis tidak lain adalah bisnis itu dapat memberikan dan merespon kebutuhan pasar dengan cepat, karena perubahan dramatis akan apa yang diinginkan konsumen cepat sekali berubah dan tidak ada bedanya dengan toko optik kacamata. Saat toko optik tidak dapat menganalisis kebutuhan pasar dengan baik dan cepat kita akan kehilangan kesempatan untuk meningkatkan laba. Untungnya sistem ERP dapat mengatasi hal tersebut, ERP memiliki semua history penjualan sehingga toko dengan akurat melihat semua grafik penjualan untuk melihat produk terlaris hingga produk slow moving, dengan data tersebut toko optik bisa dengan cepat merespon dan memenuhi kebutuhan pasar.

4. Meningkatkan Pelayanan

Kita semua menyadari bahwa menunggu adalah hal yang membosankan, terkadang pelanggan membatalkan transaksi bukan karena sudah tidak membutuhkan, tetapi pelanggan bosan menunggu pelayan mencari produk yang di inginkan. Sistem ERP ritel memusatkan data toko saat ini yang dapat diakses dengan mudah oleh tim secara realtime, sehingga staf dengan cepat merespon saat ada pelanggan mencari suatu produk yang dibutuhkan di toko optik.

5. Memaksimalkan Profitabilitas Bisnis Optik

Meningkatkan profitabilitas adalah tujuan yang ingin dicapai oleh setiap perusahaan, baik itu perusahaan yang masih bertumbuh atau perusahaan unicorn sekalipun. Tidak bisa dipungkiri setiap tujuan akan ada hambatan yang harus dilalui, namun semua dapat dicapai jika kerja sama antar tim dibangun dengan baik dan dapat dipantau kinerjanya. Berinvestasi ke dalam sistem ERP akan meningkatkan sinkronisasi antar bagian, sehingga efisiensi kinerja dapat dicapai dan memungkinkan owner memantau kinerja toko dalam satu platform. Sistem ERP bukan hanya sekedar software, tapi ini adalah langkah awal dalam transformation bisnis konvensional ke dalam bisnis terkomputerisasi dengan begitu toko optik dapat berjalan lebih praktis dan memaksimalkan potensi margin.

Turboly Optical & Eyewear adalah solusi software untuk retail optik yang membantu toko optik dan kacamata mengelola dan memaksimalkan efisiensi kebutuhan pelanggan. Solusi inventory manajemen Turboly kuat, efisien, dan mudah digunakan karena telah dirancang dengan berdasarkan pengalaman optician.

Baca Juga : Kendalikan Bisnis Optik Dengan Sistem POS

turboly.com