Kendalikan Bisnis Optik Dengan Sistem POS

image

Dengan berkembangnya teknologi di semua bidang tidak terkecuali bisnis toko optik, mengharuskan kita untuk beradaptasi agar dapat bertahan dalam persaingan yang semakin ketat. Role bisnis optik konvensional kini harus bertransformasi ke role bisnis optik modern dengan tidak hanya membuat bisnis menjadi kompetitif tetapi juga memungkinkan toko optik memberikan layanan pelanggan secara personal yang dipersonalisasi dalam satu sistem yang terpusat.

Profitabilitas toko ritel optik dapat bergantung pada operasional yang ramping tetapi tetap efisien dan sebagian toko optik, biasanya memiliki praktik optometri selain menjual kacamata dan softlens. Praktik perawatan mata membutuhkan sistem yang tepat untuk untuk menyimpan resep optik dan histori pasien secara akurat agar dapat memberikan perawatan dan layanan terbaik bagi pelanggan.

Mendorong Pertumbuhan Bisnis Optik dengan Sistem POS Optik

Sistem POS optik adalah sistem yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan industri optik atas setiap bagian manajemen agar dapat mengelola semua proses bisnis mulai dari inventory, penjualan dan pelaporan keuangan semuanya akan dikumpulkan secara otomatis dalam satu sistem sehingga memberikan staf waktu yang efektif untuk berfokus terhadap inovasi dan strategi pengembangan bisnis, serta menyederhanakan ekspansi untuk membantu bisnis agar dapat fokus pada keuntungan dengan peningkatan profitabilitas.

Turboly POS adalah solusi Point of sale untuk retail optik yang inovatif untuk digunakan, bahkan memungkinkan top level manajemen toko memiliki visibilitas ke dalam produk dan kinerja toko. Sistem POS mempermudah staf menjadwalkan dan mengelola reservasi dengan pemberitahuan ke pelanggan melalui Email. Sistem POS optik modern yang sudah diintegrasikan dengan CRM (Customer Relationship Management) dengan mudah memungkinkan toko optik ritel untuk menginformasikan promosi kepada pelanggan yang ditargetkan.

Mengapa optik ritel membutuhkan Sistem Point Of Sale ?

1. Pengalaman Pelanggan yang Sempurna

Sistem POS dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dengan sistem reservasi (book an appointment) saat pelanggan ingin berkonsultasi dengan optometri, dengan cara ini kebutuhan pelanggan akan terpenuhi. Sistem POS menyimpan data pelanggan dengan detail dan akurat, mulai dari jenis optik, resep optik semuanya tersimpan dihistory pelanggan sehingga pemesanan kacamata ulang akan lebih mudah dan cepat. Dengan manajemen inventory yang disediakan sistem POS staf lebih mudah melacak proses Pengiriman, manajemen stok untuk memastikan bahwa pelanggan diberikan informasi yang akurat, sehingga meningkatkan layanan dan kepuasan pelanggan.

2. Solusi yang Dapat Diperluas dan Terintegrasi

Sistem POS sudah mendukung API (Application Programming Interface) yang dapat diintegrasikan dengan banyak platform yang memungkinkannya untuk beroperasi dengan aplikasi manajemen bisnis seperti ERP atau aplikasi akuntansi lainnya. Sistem POS ini juga dilengkapi dengan role model yang dapat di custom, memungkinkan toko optik ritel untuk menyesuaikan proses bisnis unik mereka ke dalam aplikasi untuk memenuhi kebutuhan bisnis optik ritel agar proses bisnis berjalan lebih praktis.

3. Meningkatkan Kualitas Komunikasi Dengan Pasien

Sistem POS optik sudah terintegrasi dengan Customer Relationship Management (CRM) sehingga akan membantu toko optik dalam menjalin hubungan baik dengan pelanggan. CRM dapat menjangkau pelanggan melalui Email, media sosial dan komunikasi dua arah. Kirimkan pemberitahuan tentang proses seperti penjadwalan dokter mata untuk konfirmasi reservasi, konfirmasi pesanan dan status pesanan. Dengan komunikasi yang baik maka pelanggan akan merasa dimanja dan puas atas layanan toko optik anda.

4. Sinkronisasi Data yang Efisien

Tingkatkan kinerja pelayanan, saat pelanggan datang dan berkonsultasi tentang produk yang dibutuhkan, rasanya sangat melelahkan menunggu pelayan mencari secara manual. Alih-alih mendapatkan pelanggan baru justru mendapatkan first impression yang buruk. Solusi sistem POS yang dapat mensinkronisasi data dari beberapa toko cabang dengan akurat dan menyimpan data stok toko saat ini ke database yang terpusat dan dapat diakses secara real-time oleh semua staf akan meningkatkan kualitas layanan, efisiensi operasional dan membantu optik ritel tetap terdepan dalam persaingan bisnis.

Turboly Optical & Eyewear adalah solusi software untuk retail optik yang membantu toko optik dan kacamata mengelola dan memaksimalkan efisiensi kebutuhan pelanggan. Solusi inventory manajemen Turboly kuat, efisien, dan mudah digunakan karena telah dirancang dengan berdasarkan pengalaman optician.

Baca Juga : Stock Movement dan Kesuksesan Dalam Bisnis Ritel Optik

turboly.com