Apakah Bisnis Bengkel Membutuhkan Sistem Manajemen inventory yang Efisien?

image

Sistem manajemen inventory merupakan bagian penting dari bisnis ritel baik itu retail produk ataupun jasa. Walaupun terkadang ada hal terkait inventory yang harus dikompromikan atau diabaikan, itu bisa berarti konsekuensi kecil hingga signifikan untuk bisnis.

Manajemen inventory bengkel harus adaptif, update, dan dapat diakses. Untuk mencapai tujuan ini dengan manajemen inventory manual bisa sangat sulit, belum lagi seringkali tidak efisien dan rentan terhadap kesalahan. Sistem Manajemen Inventory dirancang untuk meminimalkan kemungkinan kesalahan manusia dalam proses ini. Dan memiliki yang efisien untuk bengkel adalah salah satu investasi terbaik yang dapat Anda lakukan.

Apa yang Dapat Dilakukan Sistem Manajemen inventory untuk Bengkel?

Bengkel yang berkembang memiliki tingkat perputaran inventory yang tinggi dan sistem manajemen inventory adalah alat yang membuatnya berfungsi dengan baik. Bengkel apa pun yang menggunakan sistem digitalisasi yang efisien dapat menangani prosesnya dan memungkinkan bisnis bengkel berjalan lebih lancar daripada yang sebelumnya. Proses mulai dari purchase order pembelian hingga penjualan, seluruh segmen menjadi semudah membalikan telapak tangan. Sistem manajemen inventory yang baik dapat menghemat waktu Anda dan meminimalkan kerugian dengan:

  • Membantu mengelola barang rusak secara efektif.
  • Meningkatkan aksesibilitas ke sumber daya.
  • Memperingatkan ketika kuantitas produk rendah.
  • Hilangkan downtime yang disebabkan oleh kekurangan item.

Bagaimana Software Manajemen Inventory Dapat Membantu Bengkel Anda?

Laporan Low Stock Level

Software manajemen inventory yang efektif diberi informasi untuk membantu menjaga stok produk dan barang yang sesuai batas minimum yang sudah ditentukan. Dengan itu, Anda dapat menghindari peluang loss service sales karena persediaan spareparts tidak tersedia.

Laporan Inventory Level

Ini juga meminimalkan proses menghasilkan laporan inventory yang memberi manfaat untuk bengkel, dengan informasi jumlah stok yang akurat akan dapat membantu bisnis dalam memprediksi peluang pendapatan yang dapat diperoleh.

Transfer inventory

Jika memiliki banyak cabang bengkel, Sistem Manajemen Inventory dapat mentransfer inventory dari satu bengkel ke bengkel lainnya melalui sistem manajemen inventory.

Manajemen Supplier

Selain itu, fitur yang lengkap untuk proses pembelian membantu bengkel mencatat semua history harga pembelian supplier lengkap dengan supplier konsinyasi, sehingga bengkel dapat tetap mendapatkan harga terbaik dari supplier terbaik.

Ketika Inventory Dikelola dengan Baik Akan Menghasilkan Kepuasan Pelanggan

Saat bengkel memiliki manajemen rantai pasokan yang lancar, potensi untuk kehilangan konsumen atau waktu tunggu service yang lama dapat dihindari. Sistem Manajemen Inventory dengan baik membuat alur kerja dan layanan klien cukup terorganisir untuk membuat pelanggan percaya pada ketergantungan dan efisiensi toko Anda.

Program bengkel Turboly menjadi solusi bisnis bengkel otomotif, manajemen persediaan, keuangan dan akuntansi cukup fleksibel yang dirancang khusus untuk industri kendaraan bermotor dan penjualan suku cadang untuk semua jenis bengkel otomotif.

Baca Juga : Alat dan Tips Mengelola inventory Untuk Distributor Ponsel

turboly.com