Manfaat Sistem POS untuk Bisnis Service Handphone

image

Di era sekarang ini handphone seperti sudah menjadi kebutuhan sekunder, karena itu hampir semua kalangan menggunakanya. Tetapi, dengan semakin meningkatnya popularitas smartphone/ponsel pintar diikuti dengan harga ponsel yang semakin tinggi namun dengan daya tahan yang rendah. Tidak mengherankan bisnis service handphone semakin pesat pertumbuhannya. Meningkatnya perkembangan bisnis service handphone/ponsel belum diikuti dengan standarisasi yang baik. Beberapa brand ponsel memang menawarkan layanan service resmi yang sudah terstandarisasi, tetapi untuk bisnis service handphone non-brand ponsel independen masih belum memiliki standarisasi yang jelas karena masih konvensional walaupun secara bisnis terlihat cukup besar. Dengan pesatnya pertumbuhan bisnis jasa service ponsel secara otomatis akan meningkatkan persaingan di bisnis. Namun tidak kita pungkiri dari sekian banyak usaha jasa servis sebagian besar belum memiliki sistem untuk manajemen sparepart dan proses service itu sendiri. Dengan memiliki sistem manajemen yang tepat dapat memungkinkan mengelola semua aspek bisnis dengan lebih mudah. Dengan lingkungan yang semakin kompetitif ini, memiliki software Point Of Sale jasa service yang membantu untuk mengelola semua aspek bisnis service dengan mudah. Berikut adalah 4 manfaat menggunakan sistem point of sale di jasa servis ponsel.

1. Manajemen Inventory

Tanpa sebuah sistem POS ritel, pergerakan stok harus dilakukan secara manual, hal ini akan memakan waktu, dan memiliki peluang besar untuk kesalahan. Selain itu, jika tidak memiliki sistem manajemen ritel yang komprehensif akan lebih sulit untuk memprediksi kapan stok suku cadang harus diisi kembali.

Melacak Suku Cadang dengan Lebih Baik – Dengan begitu banyak suku cadang yang dibutuhkan, sistem manajemen inventory akan membantu melacak suku cadang mulai dari pembelian, penerimaan hingga penjualan saat service dilakukan. Meningkatkan Profitabilitas– Dengan memiliki sistem POS ritel bisnis dapat lebih bertumbuh dan meningkatkan pendapatan dengan memiliki produk dan jumlah yang tepat serta perhitungan biaya yang akurat.

Stock Level Real-Time – Mendapatkan data stok suku cadang secara real-time di semua lokasi toko, akan memudahkan proses transfer stok suku cadang dari satu lokasi ke lokasi lain, mengurangi kelebihan stok di satu lokasi saat produk tidak cukup di lokasi lain. Dengan penerapan strategi stok penyeimbang, akan menghindari kelebihan stok di satu lokasi saja.

2. Pelaporan

Memiliki sistem POS memberikan berbagai template pelaporan, tidak hanya inventory dan penjualan, tetapi dengan Sistem POS ritel dapat membantu untuk membuat keputusan yang lebih baik tentang bisnis melalui laporan historis dan analisa yang pada akhirnya dapat digunakan sebagai dasar penyusunan strategi bisnis untuk meningkatkan keuntungan.

Laporan Penjualan Konsolidasi – Laporan ini memberikan informasi setiap toko dan gabungan semua toko. Hasil dari laporan ini dapat digunakan untuk menganalisis penjualan dan mengidentifikasi trend kerusakan ponsel yang sering terjadi pada ponsel saat ini. Selain itu laporan ini membantu staff mengelola stok suku cadang dengan lebih akurat, karena staff dengan mudah melihat trend kerusakan dan suku cadang yang dibutuhkan. Jika hal ini dapat tercapai, maka estimasi perbaikan akan lebih akurat dan kepuasan pelanggan bisa terjaga.

Laporan Inventory – Memiliki visibilitas dalam produk suku cadang yang paling sering digunakan dalam perbaikan, akan meningkatkan efisiensi bisnis karena stock slow moving dapat dihindari dan mengurangi biaya penyimpanan. Dari laporan ini juga kita dapat membuat keputusan produk suku cadang mana yang perlu kita stok dan mana yang tidak.

3. Meningkatkan Skala Bisnis

Meningkatnya pertumbuhan bisnis, salah satu tandanya adalah bertambahnya jumlah toko di berbagai lokasi (cabang). Dengan jumlah cabang bertambah perlu perencanaan dan standar operasi yang efektif. Penambahan cabang akan membutuhkan staff baru dan sistem POS yang terintegrasi sebagai “alat kontrolnya” agar semua proses dapat berjalan dalam satu platform dan standarisasi pekerjaan dapat tercapai adalah 2 faktor kunci keberhasilan dalam bisnis service ponsel multi lokasi.

Mengurangi Pekerjaan Manual - Pekerjaan rutin dan berulang yang biasanya staff di toko misalnya seperti membuat laporan penjualan secara manual, rekap penerimaan pembayaran dapat digantikan dengan sistem POS ritel. Semua laporan yang biasanya dilakukan secara manual akan dimuat secara otomatis sehingga dapat memberikan karyawan waktu yang lebih efektif, efisien dalam mengelola bisnis service ponsel.

Pantau Bisnis Anda – Dengan Sistem POS, visibilitas penjualan, inventory, dan transaksi service yang masih berjalan di berbagai lokasi cabang menjadi mudah diketahui dan di kontrol. Sistem POS yang memiliki kemampuan untuk mengelola banyak lokasi dalam satu sistem akan memberikan visibilitas cepat ke kinerja bisnis secara keseluruhan.

Dengan software toko handphone dari Turboly, bisnis dapat bertumbuh secara alami. Fitur multi-toko berbasis cloud membantu Anda mengelola semua toko Elektronik, Komputer & Ponsel Anda sekaligus sekaligus menginformasikan strategi yang tepat untuk keberhasilan masing-masing lokasi.

Baca Juga : 3 Peluang Pendapatan untuk Toko Service Handphone

turboly.com