Virtual Try-On adalah Masa Depan Ritel Kacamata

image

Beberapa produk retail sulit dibeli secara online kecuali kita tahu persis merek, model, warna, dan ukuran yang dibutuhkan. Saat membeli produk seperti produk kacamata akan sangat bermanfaat untuk dapat menguji atau mencoba produk secara langsung sebelum membelinya.

Pengalaman virtual try-on secara bertahap muncul saat pandemi dan terus berkembang hingga kini yang memberikan pengalaman yang “keren” dan “inovatif”. Muncul saat pandemi, virtual try on telah bergeser menjadi suatu hal yang penting dan harus dimiliki untuk toko optik modern menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) sebagai adaptasi konsumen optik modern.

Teknologi seperti virtual try on telah menawarkan solusi bagi toko optik modern yang sebelumnya tidak dapat mendemonstrasikan produk mereka secara online sepanjang pandemi. Dengan virtual try on konsumen mampu melihat bagaimana sepasang kacamata terlihat dan pas, pengalaman menarik yang didukung oleh AR dan AI ini telah memberikan kenyamanan pengalaman toko optik dari sebuag bisnis konvensional menjadi modern secara online.

Pergeseran cara belanja konsumen menuju digital

Bagi sebagian konsumen mungkin tidak canggung lagi dengan belanja online. Sejak masifnya perkembangan teknologi seluler dan platform media sosial, telah terjadi perubahan cara belanja secara mendasar.

Sesuatu yang dulunya merupakan sebuah perjalanan panjang dimana konsumen harus meluangkan waktu ke toko optik membawa resep dokter telah bergeser dapat berbelanja kapan saja dan di mana saja toko optik mereka mau dan resep hanya perlu di foto dan di upload. Hal ini lah yang membuat pengalaman belanja online akan menjadi lebih penting dari sebelumnya.

Dulu produk kacamata kesehatan sulit dibeli di toko online karena harus dicoba dan diukur untuk memastikan ukuran yang sesuai. Dengan virtual try on kacamata secara virtual yang menunjukkan bagaimana tampilan dan kesesuaian kacamata tersebut, yang meningkatkan kepercayaan diri konsumen untuk membeli. Selain itu, teknologi virtual try on dapat memberikan rekomendasi frame, dapat membantu pelanggan dengan cepat menentukan frame yang cocok dengan mereka dan mencocokkan preferensi gaya mereka, menyederhanakan pengalaman penemuan bingkai.

Turboly Optical & Eyewear adalah solusi software untuk retail optik yang membantu toko optik dan kacamata mengelola dan memaksimalkan efisiensi kebutuhan pelanggan. Solusi inventory manajemen Turboly kuat, efisien, dan mudah digunakan karena telah dirancang dengan berdasarkan pengalaman optician.

Baca Juga : 5 Strategi Pemasaran untuk Mendominasi Bisnis Optik

turboly.com