image

Cara Memilih Ban Terbaik untuk Mobil Anda

Memilih ban adalah pekerjaan yang susah susah gampang, yang cukup sulit adalah saat menentukan jenis dan ukuran ban mobil yang tepat. Setiap pabrikan mobil pasti sudah memberikan panduan mengenai jenis dan ukuran ban sesuai standar pabrikan, namun tak jarang pemilik mobil ingin melakukan upgrade ukuran velg dan ban agar tampilan mobil menjadi lebih menarik. Bagi pemilik mobil yang ingin merubah velg dan ban diluar daripada standar pabrikan sering tidak diimbangi dengan pertimbangan yang matang sehingga salah penentuan ukuran ban yang dapat menopang berat mobil secara keseluruhan.

Melakukan kesalahan dalam membeli ban, bukan hanya dapat menyebabkan kerugian materi tapi juga dapat menurunkan performa mobil secara signifikan bahkan mempengaruhi konsumsi bahan bakar kendaraan. Karena, ban mobil adalah perantara langsung mobil dengan permukaan jalan dan penopang utama berat mobil secara keseluruhan. Umumnya masa pakai ban mobil berkisar 3 - 4 tahun, tapi tidak menutup kemungkinan bisa lebih lama atau lebih cepat dari waktu yang ditentukan tergantung cara pemakaian mobil itu sendiri. Dengan memilih ban yang tepat itu akan memberikan performa yang baik dan kenyamanan saat berkendara, ban juga merupakan bagian penting untuk keselamatan saat berkendara. Untuk itu perlu memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan untuk membeli ban mobil.

1. Pastikan Ban Mobil Yang Dipilih Sesuai Dengan Karakter Mobil

Mobil diciptakan dengan banyak jenis untuk memenuhi kebutuhan masing-masing individu. Setiap mobil juga memiliki ban yang berbeda dengan satu dan yang lainya untuk menunjang performanya, dipasaran juga banyak jenis ban beredar seperti ban radial, ban bias, ban tubeless, ban RFT, dan lain sebagainya. Misalnya ban Highway Terrain (H/T) diperuntukkan bagi kendaraan yang lebih banyak melintas di jalan beraspal atau kota karena senyap dan mudah dibawa saat berkendara. Tentunya ban tipe ini tidak cocok untuk kendaraan off-road, karena mobil jenis ini lebih sering melintasi medan yang berat seperti medan pasir dan lumpur.

2. Sesuaikan dengan Jenis Ban

Semakin berkembangnya teknologi, industri ban pun terkena imbasnya. Teknologi tidak hanya dalam bidang IT saja, kini teknologi juga dikombinasikan ke dalam proses pembuatan ban guna untuk memenuhi standar ban untuk menyesuaikan spesifikasi mobil tersebut. Untuk menyesuaikan ban mobil, caranya cukup mudah anda hanya perlu membaca kode pada ban mobil yang akan diganti. Misalnya kode ban mobil adalah P 215/55 R17 93V. Huruf “P” dalam kode itu adalah singkatan dari “Passenger”, artinya ban dibuat untuk mengangkut orang. “LT” atau Light Truck itu menunjukan ban tersebut diperuntukkan truck dengan ukuran sedang.

3. Perhatikan Ukuran Ban

Saat memilih ban mobil, juga perlu mempertimbangkan ukuran ban. Untuk cara membaca kode pada ban mobil misalnya ban dengan kode P 215/55 R17 93V. 215 mm adalah lebar tapak ban mobil. 55% adalah presentasi lebar tapak yang berkontribusi dalam pembuatan dinding samping. R17 mengacu pada ukuran pelek mobil. 93 acuan indeks beban ban mobil. V acuan kecepatan mobil yang disarankan atau ditahan oleh mobil, “V” kecepatan maksimal yang disarankan 240 km/jam.

4. Perhatikan Tahun Pembuatan

Hal berikutnya yang cukup penting saat memilih ban, perhatikan tahun pembuatanya. Untuk mengetahui kapan ban mobil itu diproduksi caranya cukup mudah, hampir semua produsen ban memiliki empat digit angka pada tepi ban. Misalnya seperti 3722, Kode tersebut memiliki dua arti, dua angka pertama angka 37 berarti ban dibuat pada minggu ke-37. Angka 22 menunjukkan bahwa ban dibuat pada tahun ke-22. Artinya ban mobil dibuat pada minggu ke-37 tahun 2022.

5. Gunakan Ban Mobil dari Merk Ternama

Menentukan kualitas ban rasanya cukup sulit, oleh karena itu pastikan membeli ban dari merek yang sudah mempunyai reputasi baik dalam bidangnya. Cara ini adalah cara termudah untuk menentukan kualitas sebuah ban bagi kita yang awam.

Program bengkel Turboly menjadi solusi bisnis bengkel otomotif, manajemen persediaan, keuangan dan akuntansi cukup fleksibel yang dirancang khusus untuk industri kendaraan bermotor dan penjualan suku cadang untuk semua jenis bengkel otomotif.

Baca Juga : Pentingnya Kontrol Inventory Suku Cadang di Bengkel Otomotif

turboly.com