image

Mengapa Toko Fisik Masih Penting untuk Ritel Kosmetik

Sebuah fakta yang terjadi saat ini adalah penjualan online telah menjadi saluran fundamental bagi toko kosmetik. Meskipun penjualan ritel secara keseluruhan telah menurun, penjualan eCommerce terus meningkat selama beberapa tahun terakhir khususnya saat masa pandemi. Ada sedikit kekuatiran yang membayangi bahwa eCommerce masih memiliki persentase kecil dari total penjualan ritel. Hal ini berarti bahwa secara keseluruhan penjualan ritel masih terjadi di toko fisik, yang menjadikan sinergi antara online dan offline kunci kesuksesan ritel dalam waktu mendatang khususnya bagi retail kecantikan dan produk kosmetik.

Berikut adalah 4 alasan mengapa berinvestasi di lokasi toko fisik masih menarik bagi retail kecantikan dan produk kosmetik:

1. Pengalaman merek masih bersifat fisik

Ritel kosmetik adalah industri yang sangat kompetitif. Meskipun sulit untuk menonjol secara online, toko fisik memberi kesempatan untuk menciptakan pengalaman sebuah merek yang menarik. Konsep design interior toko dan susunan display dan cermin yang menggoda misalnya, adalah salah satu cara retail kosmetik membangun brand dan meninggalkan kesan positif yang melekat dari pelanggan dan hal ini lebih bertahan lama. Merancang pengalaman yang memiliki keseimbangan yang tepat antara keamanan, kegembiraan, dan kenyamanan adalah kuncinya dan dapat membantu membedakan sebuah merek kosmetik dengan yang lainnya.

2. Orang lebih cenderung membeli produk saat mereka mencoba secara langsung

Menurut penelitian KPMG, alasan utama mengapa konsumen kosmetik lebih suka berbelanja di toko fisik adalah untuk melihat, merasakan, dan menguji produk secara langsung sebelum membelinya. Memiliki lokasi fisik di mana pelanggan dapat berkunjung dan memastikan bahwa, warna lipstik ini persis dengan warna yang diinginkan, dapat menghilangkan keraguan konsumen dan membantu menghasilkan penjualan. Melihat barang secara langsung juga dapat mengurangi resiko produk dikembalikan karena warna/bahan tidak sesuai

3. Layanan pelanggan secara personal yang berkualitas tinggi meningkatkan penjualan

Terlepas dari popularitas belanja online, sentuhan manusia masih menjadi bagian penting dari pengalaman ritel kosmetik. Seorang beauty advisor berpengetahuan luas membuat pelanggan cenderung mengunjungi toko fisik, dan tiga dari empat pembeli cenderung membelanjakan lebih banyak setelah menerima layanan berkualitas tinggi dari staf beauty advisor di dalam toko.

4. Toko fisik membawa lalu lintas yang lebih besar ke toko online

Sebuah riset di Amerika memaparkan bahwa saat sebuah merek kosmetik membuka lokasi toko fisik baru, traffic situs web dan media sosial mereka meningkat sebesar 37% pada periode setelahnya. Pembeli yang membeli secara online dan di toko fisik rata-rata cenderung membelanjakan lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang berinteraksi dengan bisnis hanya di satu channel. Bagi retail kecantikan dan produk kosmetik, hal ini berarti toko fisik masih memiliki peran sentral dalam strategi bisnisnya.

Turboly ERP dirancang khusus untuk bisnis produk kosmetik dan kecantikan. Memberikan kemampuan untuk mencatat supplier dan melacak barang yang mereka sediakan secara spesifik. Mengelola persediaan kosmetik menjadi lebih sederhana dari sebelumnya dan lebih akurat. Laporan Pembelian dan Penjualan memberikan informasi yang yang tepat terkait permintaan dan kebutuhan.

Baca Juga : Apakah Bisnis Retail Produk Kosmetik Masih Menarik?

www.turboly.com