Apakah Bisnis Retail Produk Kosmetik Masih Menarik?

image

Industri kosmetik tumbuh setiap tahun, pertumbuhan ini didukung dengan semakin banyaknya orang yang mulai sadar dan teredukasi akan betapa pentingnya menjaga kesehatan kulit dan kecantikan mereka. Faktor ini pula yang membuat semakin meningkatnya kompetisi persaingan dalam bisnis kosmetik. Untuk terus dapat bersaing ada beberapa hal dasar yang perlu dipersiapkan saat membangun bisnis kosmetik di antaranya sebagai berikut:

1. Pelajari Cara Kerja Bisnis Kosmetik

Ketika anda berpikir tentang industri kosmetik, mungkin hal pertama yang terlintas adalah bagaimana bisnis ini berjalan dan bagaimana cara membangunnya agar berhasil bukan? Memahami cara kerja sebuah bisnis adalah langkah awal yang harus dilakukan. Sederhananya anda dapat mempelajarinya dari satu merek yang anda gunakan, seperti dari mana produk itu, berapa banyak karyawannya, dan perhatikan seperti apa cara mereka memasarkan produknya. Jika memungkinkan maka cobalah untuk menjadi bagian dari mereka, dengan cara bekerja diperusahaan tersebut dan ambil ilmu sebanyak mungkin.

2. Membuat Rencana Bisnis

Setiap bisnis memiliki resiko gagal bertumbuh tidak terkecuali bisnis kosmetik, setiap tahun bisnis kosmetik terus bertumbuh tapi mengapa tetap saja ada bisnis kosmetik yang gagal ? Tentu bukan karena kurangnya pelanggan sebagai penyebabnya, alasan sebenarnya bisnis kosmetik gagal adalah alasan yang sama dengan kebanyakan bisnis lainya yaitu kurangnya membuat rencana atau plan bisnis yang baik.

Membuat rencana bisnis adalah langkah penting, ini ibarat peta yang harus dilalui untuk menuju suatu tempat. Mulailah rencana bisnis seperti:

  • Apa misi dan visi yang ingin dicapai.
  • Siapa target pasar Anda?
  • Berapa biaya awal yang dibutuhkan, harus dihitung secara detail tentunya.
  • Tentukan proyeksi yang ingin dicapai dalam 1 atau 2 tahun mendatang.
  • Strategi seperti apa yang akan digunakan agar dapat unggul dari kompetitor.

3. Tentukan Model Bisnis

Berapa banyak laba yang yang ingin dihasilkan dalam bisnis kosmetik? Pertanyaan itu dapat dijawab setelah anda menentukan seperti apa model bisnis yang akan dipilih, setiap model bisnis memiliki biaya operasional yang berbeda dan potensi pendapatan yang berbeda juga. Jika anda ingin bekerja dari rumah dan membuat bisnis kosmetik dengan model dropship maka pendapatan yang didapat sesuai dengan komisi berdasarkan setiap produk yang terjual, model bisnis ini cenderung memiliki resiko yang lebih rendah. Tetapi jika anda ingin membuka toko retail, itu akan meningkatkan potensi terbaik dalam bisnis kosmetik, tetapi disitulah anda memiliki biaya investasi dan resiko yang cukup tinggi. Namun tidak perlu khawatir, dengan persiapan yang matang dalam menentukan model bisnis akan meningkatkan keberhasilan bisnis kosmetik anda.

4. Menetapkan Budget

Budgeting atau penganggaran adalah alat penting dalam operasional sebuah bisnis tanpa terkecuali. Oleh karena itu, sangat penting untuk menganggarkan semua biaya awal dengan baik agar bisnis dapat berjalan sesuai rencana bisnis yang telah dibuat.

Sebenarnya berapa biaya untuk membangun bisnis kosmetik? Biaya untuk membangun bisnis kosmetik itu tergantung dengan model bisnis yang dipilih. Jika ingin menjadi dropshipper dan membangun bisnis dari rumah, tentunya biaya operasional yang diperlukan cukup rendah, karena tidak perlu memiliki stok barang ataupun karyawan. Adapun untuk membangun toko retail kosmetik, itu membutuhkan biaya yang jauh lebih tinggi.

Beberapa biaya yang harus dipertimbangkan saat memulai bisnis kosmetik meliputi:

5. Menentukan Produk yang Akan Ditawarkan

Setelah mendapatkan data seperti produk apa yang diminati pasar dan menentukan model bisnis yang akan digunakan. Sekarang adalah saat penting untuk menentukan produk mana yang akan dijual di pasar dan strategi apa yang akan digunakan. Toko kosmetik yang mempunyai banyak produk memang cukup menjanjikan, namun dengan menjadi spesialis sebuah produk itu akan menjadikan toko kosmetik anda memiliki karakteristik dan lebih mudah diingat pelanggan, selain itu dapat mempermudah strategi pemasaran karena toko kosmetik hanya berfokus pada pemasaran produk tertentu.

Turboly ERP dirancang khusus untuk bisnis produk kosmetik dan kecantikan. Memberikan kemampuan untuk mencatat supplier dan melacak barang yang mereka sediakan secara spesifik. Mengelola persediaan kosmetik menjadi lebih sederhana dari sebelumnya dan lebih akurat. Laporan Pembelian dan Penjualan memberikan informasi yang yang tepat terkait permintaan dan kebutuhan.

Baca Juga : Pelangaman Pelanggan Adalah Kunci Kesuksesan Retail Kosmetik

turboly.com