Mengapa Bisnis Service Handphone Butuh Rencana Bisnis

image

Setiap kegiatan bisnis memiliki resiko untuk gagal dalam membangunnya, banyak faktor penyebabnya. Namun yang paling sering terjadi adalah beberapa dari mereka yang gagal dikarenakan tidak memiliki fundamental rencana bisnis yang baik.

Rencana bisnis adalah elemen penting dari berjalannya sebuah bisnis, hal ini pula berlaku untuk bisnis service handphone untuk dapat menuju kesuksesan. Rencana bisnis ini merangkum semua kegiatan bisnis mulai dari visi dan misi perusahaan, strategi pemasaran,jenis layanan service hingga pemilihan lokasi. Rencana bisnis yang baik juga dapat membantu anda menarik dan meyakinkan investor untuk berinvestasi ke dalam bisnis yang akan diluncurkan.

Analisis Pasar

Sebelum memulai bisnis, akan sangat baik jika kita bisa memiliki data kondisi pasar saat ini, agar bisnis berhasil bisnis service handphone harus memberikan layanan berkualitas tinggi dan handal yang dibutuhkan pelanggan dengan harga bersaing. Perhatikan bisnis sejenis di wilayah yang dipilih sebagai lokasi khususnya untuk usaha sejenis misalnya toko elektronik besar, service elektronik sekitar dan cobalah datang ke salah satu tempat service handphone terdekat, cari tahu apa jenis jasa yang mereka sediakan dan berapa tarifnya. Memiliki informasi yang komprehensif akan membantu mengidentifikasi celah pasar dengan lebih baik dan menetapkan penawaran dan harga layanan yang tepat.

Penawaran layanan

Setelah melakukan analisis pasar di wilayah tersebut, maka dapat dapat mengidentifikasi kebutuhan pelanggan yang ideal. Dari sini kita dapat menentukan jenis layanan yang akan diberikan kepada pelanggan, misalnya seperti;

Diagnosis kerusakan hardware atau software

  • Perbaikan hardware seperti lcd, touch screen, baterai dll
  • Penghapusan virus dan malware
  • Flashing atau install ulang sistem operasi
  • Pemulihan data

Lokasi Bisnis

Untuk memulai bisnis service handphone tidak mengharuskan memiliki tempat yang luas. Bisnis tetap dapat berjalan meski hanya menyewa ruang kecil di komplek ruko atau di pusat perbelanjaan elektronik sekitar. Lokasi fisik akan bergantung pada skala bisnis dan target pasar. Tidak perlu takut jika memulai dari tempat yang kecil, karena

Strategi Pemasaran

Perkembangan teknologi semakin pesat di semua bidang, disini kita dapat memanfaatkan teknologi sebagai media pemasaran. Hampir semua kalangan memiliki akses ke sosial media untuk mengakses berbagai macam informasi yang mereka butuhkan. Dengan perkembangan ini kita dapat memanfaatkan media sebagai content marketing, fokuskan kegiatan ini untuk menyampaikan informasi seputar ponsel. Misalnya buat video pendek tips untuk menjaga ponsel agar terhindar dari virus atau malware, buatlah secara rutin agar menciptakan awareness bahwa jika ada ponsel rusak solusinya adalah toko service anda.

Sistem POS Service dan Inventory

Sistem POS Service dan Inventory sangat penting bagi fundamental sebuah bisnis, karena perusahaan dapat menyelesaikan permasalahan terkait dengan persedian stok barang mulai dari proses pembelian barang dari supplier, penjualan hingga alert stok barang yang sudah menipis sehingga dapat restock barang lebih dini. Sehingga perusahaan cenderung memiliki stok persediaan yang terkontrol, ini akan meminimalkan resiko kelebihan stok.

Dengan software toko handphone dari Turboly, bisnis dapat bertumbuh secara alami. Fitur multi-toko berbasis cloud membantu Anda mengelola semua toko Elektronik, Komputer & Ponsel Anda sekaligus sekaligus menginformasikan strategi yang tepat untuk keberhasilan masing-masing lokasi.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Kualitas Layanan Perbaikan Handphone

turboly.com