Cara Meningkatkan Kualitas Layanan Perbaikan Handphone

image

Ketika pelanggan baru datang ke toko service dengan ponsel yang rusak, mereka biasanya ingin berkonsultasi dengan teknisi untuk mengetahui jenis kerusakan, estimasi perbaikan dan biaya perbaikannya. Pelanggan baru biasanya akan khawatir dengan tingkat kejujuran dari jasa servis ponsel tersebut, jangan buat mereka kecewa karena dapat dipastikan pelanggan tidak akan kembali lagi. Untuk menghindari hal itu, latih dan pantau staf di toko untuk selalu memberikan layanan terbaik kepada pelanggan. Secara teratur minta ulasan pelanggan untuk memastikan bahwa staf melakukan pekerjaan dengan baik dan memberikan tingkat layanan yang optimal. Untuk meningkatkan dan menjaga kepuasan terhadap layanan jasa service ponsel, bisa menerapkan beberapa hal berikut:

Estimasi Biaya Perbaikan

Lakukan diagnosis kerusakan secara akurat agar dapat memberikan estimasi biaya perbaikan ponsel dengan tepat. Hindari pekerjaan apapun sampai cukup yakin apa kerusakan dan sparepart apa yang diperlukan untuk memperbaikinya. Berikan pemberitahuan estimasi biaya secara tertulis melalui email atau whatsapp dan berikan pilihan kepada pelanggan untuk melanjutkan perbaikan atau membatalkanya.

Baca Juga : Manfaat Sistem POS untuk Bisnis Service Handphone

Ketepatan waktu

Waktu adalah momen yang sangat berharga, berikan pelanggan deadline kapan perbaikan ponsel selesai, dan lakukan sebaik mungkin agar perbaikan selesai tepat waktu. Jika memungkinkan, pinjamkan ponsel kepada pelanggan hingga perbaikan selesai. Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan secara keseluruhan, selesaikan perbaikan dengan cepat dan baik sebelum deadline yang ditentukan.

Garansi

Garansi merupakan nilai kompensasi yang sangat dihargai pelanggan. Maka dari itu usahakan setiap pergantian sparepart yang memiliki garansi, jelaskan syarat dan ketentuan kepada pelanggan secara rinci agar jika terjadi malfungsi selama masa garansi itu dapat diklaim. Jadikan garansi sebagai komitmen untuk saling menjaga kepercayaan dan kepuasan pelanggan.

Komunikasi

Penting untuk memahami bahwa pelanggan yang datang ke jasa service ponsel sebagian besar awam dengan teknik reparasi dan tidak mengerti tentang kerusakan ponselnya. Disini staf dituntut untuk menjelaskan apa kerusakan dan solusi perbaikan dengan bahasa awam yang mudah dipahami serta berikan saran agar dapat mencegah masalah tersebut di masa mendatang. Dengan cara pendekatan yang jujur dan terus terang akan membantu mereka memahami situasinya dan pelanggan cenderung lebih mengapresiasinya.

Untuk mendukung pelayanan di toko dan servis handphone, penting bagi pelaku usaha reparasi hp mempertimbangkan solusi Software ERP dengan fitur lengkap untuk bisnis reparasi hp. Aplikasi servis hp yang tepat memiliki berbagai fitur seperti service order, work order dan service invoice yang dengan lengkap mencatat semua aktivitas reparasi mulai dari pencatatan IMEI, progress service hingga serah terima barang ke pelanggan.

Software ERP Turboly menghadirkan solusi software toko handphone yang khusus dikembangkan untuk toko retail hp dan gadget. Software ERP Indonesia dengan fitur lengkap mampu mendorong bisnis toko dan servis hp dapat bertumbuh secara alami. Fitur multi-toko berbasis cloud membantu Anda mengelola semua toko Elektronik, Komputer & Ponsel Anda sekaligus sekaligus menginformasikan strategi yang tepat untuk keberhasilan masing-masing lokasi.

turboly.com