Mengembangkan Merk Bengkel Mobil

image

Di era yang semakin pesat dalam perkembangan teknologi, hampir semua individu dapat terhubung satu sama lain. Tapi sayangnya masih sebagian bisnis bengkel tidak memanfaatkan peluang ini untuk menjangkau pasar yang lebih luas, misalnya melakukan pendekatan dari media sosial atau melalui website. Dengan memiliki situs website atau sosial media sebagai media promosi dapat menghemat biaya iklan dan dapat meningkatkan persaingan.

Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan bisnis dan mendatangkan lebih banyak pelanggan baru ke bengkel:

1. Edukasi Konsumen Melalui Blog

Mulailah menulis seputar tentang mobil tips dan trik yang bermanfaat, karena percaya atau tidak menulis blog adalah salah satu cara terbaik untuk memperluas target pasar. Saat seseorang sedang memiliki kendala dengan mobilnya, biasanya mereka akan mencari tahu apa penyebab dan kemungkinan kerusakan apa yang terjadi pada mobilnya melalui sebuah blog. Cantumkan juga nomor telepon bengkel Anda, sehingga jika ada audiens yang merasa ingin berkonsultasi secara langsung dapat lebih mudah terhubung dengan bengkel atau bisa juga memberikan lokasi bengkel secara detail untuk memudahkan audiens datang langsung ke bengkel.

2. Bergabung Dalam Komunitas

Bagi bisnis bengkel mobil akan mendapatkan manfaat besar dari membangun relasi dan hubungan pribadi dengan pelanggan mereka. Ketika Anda dikenal sebagai owner bengkel atau mekanik yang bergabung dengan komunitas pecinta mobil maka Anda akan mendapatkan highlight yang lebih dibandingkan anggota lain. Dengan bergabungnya Anda dengan komunitas bisa memberikan edukasi kepada konsumen ataupun calon konsumen dan secara tidak langsung Anda dapat melalui promosi dengan cara memberikan penawaran layanan kepada mereka. Keuntungan lain, Anda dapat menjadi sponsor di acara komunitas sehingga brand bengkel mobil juga bisa mendapatkan perhatian dari orang diluar komunitas.

3. Program loyalitas

Jika bengkel sudah memiliki pelanggan cukup banyak, hal sulit adalah menjaga kepuasan dan pengalaman mereka. Nah untuk menjaga hubungan baik dengagn pelanggan bengkel, akan sangat baik jika bengkel memberikan reward kepada pelanggan setia sebuah program loyalitas atas kesetiaan mereka kepada bengkel anda. Misalnya bengkel dapat memberikan program membership, dimana ada benefit khusus bagi konsumen member akan mendapatkan diskon 15% dari biaya jasa dan 5% untuk spareparts serta ada keuntungan lain yaitu member akan mendapatkan prioritas saat melakukan booking service.

4. Temukan Distributor yang Tepat

Bengkel mungkin membeli sparepart dari distributor yang salah, saat Anda menemukan bengkel memiliki margin yang sangat tipis. Prioritas bengkel adalah tetap memberikan spareparts yang berkualitas dan ada banyak distributor spareparts berkualitas yang menawarkan harga yang menarik untuk menjaga hubungan baik dengan bengkel sebagai mitra kerja mereka. Spareparts yang ditawarkan tidak harus OEM, bisa juga bengkel menawarkan spareparts after market yang memiliki kualitas baik (bahkan lebih baik dari OEM). Ada banyak perusahaan yang membuat spareparts berkualitas tinggi walaupun tidak terafiliasi dengan pabrikan. Maka sangat penting untuk mengenal semua jenis dan perusahaan spareparts untuk merek mobil yang dilayani di bengkel, agar Anda dapat memberikan penawaran menarik kepada konsumen dan menjaga margin tetap maksimal.

5. Tawarkan Layanan Baru

Jika bisnis bengkel ingin berkembang, bengkel harus siap mengikuti perkembangan dan tren yang sedang terjadi di industri mobil itu sendiri. Misalnya tahun-tahun lalu mungkin kita belum mengenal tambal ban jenis tip top, tapi dengan berkembangnya teknologi saat ini ban bocor bukan lagi masalah besar. Karena dengan adanya jenis tambal tip top yang tidak merusak ban. Tawarkan layanan baru itu ke pelanggan bengkel, tentunya mereka akan merasa lebih tenang saat berpergian dengan adanya produk tersebut. Pelanggan akan merasa bengkel anda adalah yang terdepan.

5. Membuka Cabang Dengan Jangkauan Segmen Berbeda

Saat bengkel mobil sudah berjalan lama dan sudah memiliki basis pelanggan yang kuat selama bertahun-tahun, mungkin ini adalah saatnya Anda membuka jenis layanan baru dengan merk bengkel yang baru untuk menjangkau pasar yang baru. Misalnya, bengkel Anda sudah terkenal dengan layanan service dan perawatan mesin dan Anda menemukan bahwa di lokasi sekitar belum ada bengkel spesialis AC mobil. Anda dapat mempertimbangkan untuk membuka bengkel spesialis AC dengan nama berbeda dengan nama bengkel sebelumnya.

6. Gunakan Software Bengkel

Untuk memudahkan anda dalam mengembangkan beberapa bisnis bengkel yang anda bangun di lokasi yang berbeda, tentunya akan sangat sulit jika harus memantaunya secara langsung ke beberapa bengkel dengan lokasi berbeda. Ini akan sangat membuang waktu yang berharga dan tidak efisien. Dengan berkembangnya bisnis bengkel mobil, Anda harus mempertimbangkan untuk menerapkan sebuah software bengkel. Misalnya software bengkel Turboly yang bisa membantu anda memantau seluruh kegiatan bisnis dari satu sistem. Ini akan memberikan visibilitas dalam bisnis dan efisiensi kerja. Dengan begitu anda hanya perlu fokus kepada pengembangan bisnis .

Program bengkel Turboly menjadi solusi bisnis bengkel otomotif, manajemen persediaan, keuangan dan akuntansi cukup fleksibel yang dirancang khusus untuk industri kendaraan bermotor dan penjualan suku cadang untuk semua jenis bengkel otomotif.

Baca Juga : Pentingnya Service Rutin Kendaraan

turboly.com